Wednesday, September 24, 2008

The Catcher in the Rye - J.D. Salinger

The Catcher in the Rye The Catcher in the Rye by J.D. Salinger

My review

rating: 3 of 5 stars

Seperti yang disebutkan si dukun Erie, bahwa buku ini banyak dibaca penjahat, ternyata memang buku ini pernah dibaca oleh Mark Chapman, pembunuh John Lennon. Bahkan si Chapman sempat meminta tanda tangan Lennon di pagi hari sebelum dia membunuhnya! Giling.. ni orang emang dah sakit jiwa, bukan karena buku ini. Buku ini juga masuk dalam Banned books list dari American Library Association.

Holden Caulfield, seorang remaja yang sedang mencari jati diri, di 'depak' lagi dari sekolahnya. Sambil menunggu hari kepulangannya ke rumah, dia memutuskan untuk pergi ke New York dalam rangka jalan-jalan dan berlibur sejenak.

Diceritakan dalam bentuk monolog, buku ini menggambarkan aktifitas Holden selama dia di New York dan bagaimana dia membenci orang-orang disekitar dia yang menurutnya penuh dengan kepalsuan.

Dalam buku ini juga bertebaran kata-kata kasar yang mungkin menjadi alasan kenapa buku ini dilarang beredar. Kata-kata seperti Helluva, Sonuvabitch, Goddam, even the F-word ada didalamnya. No wonder deh kalo di banned!

Cukup lelah saya akui, mengikuti perjalanan Holden yang sebenarnya hanya beberapa hari itu. Karena didalamnya terasa banget kalau si Holden ini seperti orang yang sakit mental. Tiba-tiba dia depresi, dan itu sering. Kadang juga dia menghamburkan uang nggak jelas dengan nraktir orang yang baru dikenal, padahal uang dia terbatas jumlahnya.

Asli, capek! *tarik napas dalem-dalem* Setelah selesai, I was like.. and then.. what?

Mungkin kalau ditinjau dari kaca mata sok pinter saya *pasang kaca mata* Buku ini mengajak kita untuk membuka mata dan melihat keadaan masyarakat kita yang penuh kepura-puraan. Orang yang didepan terlihat baik, dibelakang belum tentu, dan seterusnya. Tapi tentu saja itu bukan bidang saya, biarlah orang lain yang membahas sosiologi, psikologi, dan 'logi-logi' lainnya. Saya cukup menjadi pembaca saja. *buka kaca mata*

View all my reviews.
Post a Comment