Tuesday, November 18, 2014

The Giving Tree -- Shel Silverstein

The Giving Tree
by Shel Silverstein

My rating: 4 of 5 stars.

Buku cerita anak yang ditulis oleh Shel Silverstein ini selalu menggugah hati saat dibacakan. Saya sudah membaca buku ini berulang kali. Bukan karena saya suka banget, meski pun memang buku ini bagus, tapi karena saya harus membacakannya 8 kali saat storytelling di library untuk 8 kelas.

Kisahnya dimulai dari kedekatan seorang anak laki-laki dengan sebatang pohon apel. Anak ini selalu bermain di pohon dan sepertinya menganggap pohon itu sebagai sahabatnya.

Lalu seiring bertambahnya usia, anak ini mulai sibuk dengan kegiatannya sendiri, dan mellupakan si pohon. Pohon merasa sedih, namun suatu hari si anak kembali datang dan meminta uang pada si pohon yang dengan suka rela memberikan buah apelnya untuk anak itu jual biar dapet uang.

Kemudian seiring bertambah lagi usianya menjadi dewasa, si anak datang lagi untuk meminta hal lain pada si pohon. Begitu terus, dan terus, si pohon selalu memberikan apa yang dia punya kepana si anak yang sampe tua masih minta juga *hh... anak yang nggak tahu diri ya?* tapi si pohon tetap bahagia. Ah, betapa pohon yang ikhlas.

Hingga akhirnya si pohon tak memiliki sesuatu untuk diberikan pada si anak, dan anak juga tidak meminta banyak pada si pohon, dan mereka pun menikmati sisa hidup mereka bersama.

Ini sebenarnya cerita yang sedih. Bagaimana pengorbanan si pohon yang bisa kita ibaratkan seseorang yang sangat mencintai, hingga sanggup memberikan apa pun yang diminta tanpa mengharapkan imbalan.

Keihklasan si pohon dalam memberi hingga habis semua miliknya pun patut diacungi jempol. Itu keihklasan yang luar biasa dan hanya bisa ditandingi oleh manusia ciptaan Tuhan yang kita sebut ibu.

Banyak tafsir yang bisa diutarakan mengenai kisah The Giving Tree ini, tapi yang pasti, penulisnya hebat! Cerita yang sederhana ini demikian menggugah dan melekat di hati pembacanya.

I love it!

Link review di Goodreads: https://www.goodreads.com/review/show/1109191954
Post a Comment