Wednesday, March 18, 2015

Pipi Tak Mau Terbang -- Yovita Siswati

Pipi Tak Mau TerbangPipi Tak Mau Terbang by Yovita Siswati

My rating: 3 of 5 stars


Pipi si burung pipit menolak untuk belajar terbang. Dia memilih untuk tidur dan melamun saja sepanjang hari. Pipi  memang burung yang pemalas. Ibunya pernah menyuruhnya belajar terbang, namun apa jawab Pipi? Katanya dia akan menggunakan otaknya saja, tidak perlu belajar terbang seperti yang lain untuk pergi ke mana-mana.

Saat tiba waktunya masuk sekolah, ibu berkata bahwa suka tidak suka, Pipi harus mengepakkan sayapnya, karena sekolahnya terletak di seberang sungai dan di atas bukit. Pipi berpikir keras untuk tidak menggunakan sayap. Dia pun menumpang gajahyang saat itu akan mandi di sungai. Di sungai, dia menumpang buaya yang menyeberang. Di seberang sungai dia menumpang badak. Dan untuk naik bukit dia berpegangan pada ekor kambing gunung yang berlari sangat kencang. Setibanya di atas bukit, ternyata sekolahnya berada di atas dahan pohon tertinggi. Bagaimana Pipi menggunakan otaknya untuk bisa sampai ke sekolah tanpa terbang? Sementara di belakangnya mengendap-endap seekor serigala yang hendak memangsanya!

Buku Pipi tak mau terbang ini ilustrasinya sangat menarik. Begitu pula buku-buku lain dalam seri cerita binatang lainnya. Di halaman paling belakang terdapat kata mutiara, seperti dalam buku ini: “mempelajari sesuatu yang baru tentu menyenangkan dan ada gunanya.”

Pembaca cilik akan menyukai buku ini karena selain ilustrasi yang menarik dan warna yang cerah, ceritanya pun sangat dekat dengan keseharian.




View all my reviews
Post a Comment