Monday, December 07, 2015

Lakon Librarian: Pusingnya Beli Hadiah Hiburan

Assalamu'alaikum.

Senang itu kalau bisa mengadakan kompetisi di sekolah dan memberikan hadiah yang bagus ke siswa yang berpartisipasi. Sebuah tantangan tersendiri ketika hanya diberi budget terbatas untuk masing-masing pemenang. Kenapa budget bisa terbatas? Biasanya karena pemenangnya banyak:

  • Kelas 1 ada 3 juara

  • Kelas 2 ada 3 juara

  • Kelas 3 ada 3 juara

  • Begitu juga kelas 4, 5, dan seterusnya hingga kelas 6.

Jadi kalau ditotal, bisa 18 juara. *pusing*

Menyiasati supaya nggak perlu memberi terlalu banyak hadiah adalah dengan mengelompokkan level:

  • Group level 1 terdiri dari kelas 1-2.

  • Group level 2 terdiri dari kelas 3-4.

  • Group level 3 terdiri dari kelas 5-6

Jadi kalau masing-masing group 3 pemenang, hadiah yang harus disediakan hanya 9. Lumayan berkurang, kan?

bkmark
Add caption

Tantangan selanjutnya adalah membeli hadiah hiburan dengan budget terbatas. Biasanya untuk acara dengan peserta banyak seperti spelling bee, dan math quiz bee, ada hadiah hiburan juga untuk penonton yang bisa menjawab pertanyaan. Jadi bisa melebihi jumlah pemenang.

Baru-baru ini, saya mendapat tanggung jawab membeli hadiah hiburan untuk 40 orang, dengan budget masing-masing Rp 10,000. Saya pun berkeliling ke Gramedia untuk mencari ide. Asli saya pusing. Karena kalau beli pensil atau penghapus, bukankah siswa sudah punya itu semua? Bagus-bagus pula dengan merk Smiggle. Trus apa atuh hadiah yang saya beli kalau nggak setara Smiggle merknya?

marker
Add caption

Satu jam keliling-keliling di Gramedia, saya hampir menyerah, hingga akhirnya di saat saya sedang mengantri untuk membayar hadiah yang akan saya berikan untuk pemenang Bookmark Contest, saya melihat di depan kasir ada bookmark unyu banget!

Satu kotak bookmark isi 4, harganya Rp 23,500. Kalau dibagi 4 berarti masing-masing anak baru dapat Rp 5,875. Lalu saya lihat juga ada washable marker merk G-Kids, hardanya Rp 34,000 isi 8. Kalau dibagi 8 berarti harganya 1 anak Rp 4,250.

So, kalau ditotal masing-masing hadiah budgetnya Rp 10,125.

A-HA! Kenapa nggak saya mix-match aja dua hadiah itu? Nombok dikit nggak masalah!

Di hari-H, hadiah hiburan itu bisa menghibur anak-anak. Itu yang paling penting, kan? Enggak masalah jika harganya murah, yang penting tahu bagaimana mencari hadiah yang menarik.

Semoga menginspirasi ;)

No comments: