Tuesday, November 06, 2018

Without Merit -- Colleen Hoover

Without Merit, by Colleen Hoover

My rating: 3 of 5 stars

Finish it in one day! Ini novel young adult sih menurut saya (asli, belum cek di internet, ini termasuk young adult atau bukan, terlalu malas untuk itu) Dan menceritakan sebuah keluarga yang nyentrik (kalua tidak dapat dikatakan aneh) Dengan ayah, ibu, ibu tiri, abang, dua anak kembar, satu adik tiri. Plus tambahan orang luar yang enak aja bias masuk dan pindah untuk tinggal di rumah itu. Mungkin tidak aneh ya buat keluarga yang biasa didatangi banyak orang dan didiami beragam manusia, tapi saya pribadi akan merasa aneh kalua ada yang "menginap" permanen di rumah. :D

Merit dan Honor adalah kembaran identik. Abang mereka namanya Utah, dan adik tiri mereka namanya Moby. Yang disorot adalah Merit, karena dia adalah aktris Utama di dalam buku ini. Digambarkan Merit dengan kondisi psikologisnya yang amburadul, menyalahkan semua orang termasuk system, dan memiliki hobi yang cukup unik. Dia bertemu dengan seorang co yang tetiba aja gitu berasa kenal sama Merit dan.… yah gitulah!

IG: @bookdragonmomma
Lalu, cerita juga focus pada keluarga mereka yang nyentrik, di mana sang ayah yang (katanya) atheis, membeli gereja untuk mereka tinggali sebagai rumah, hanya demi menjauhkan anjing pendeta yang setiap malam menggonggong seperti niat banget mengirimkan firman Tuhan kepada si ayah. Lalu si ibu tiri yang memiliki kebiasaan berbohong pada anak balitanya, hanya karena dia tidak ingin memberikan jawaban untuk pertanyaan anaknya. Ya namanya anak kecil kan banyak pertanyaan ya? Napa juga harus dikarang kisah mitos yang nantinya bakal membuat si anak bingun, kan?

Hubungan Merit dan Honor juga tidak harmonis. Merit sendiri tidak ingat kenapa dia begitu. Meski sebenarnya sih bias dimengerti setelah baca sampai habis :D Dan Honor juga yang menjauh darinya, maka hilanglah koneksi istimewa dari si kembar identik ini. Mereka jadi seperti dua orang asing yang tinggal di satu rumah. Gak asik banget deh pokoknya kalau punya saudari begitu ya? Gak nyaman gitu lho.

Nah konflik mulai muncul saat masuk orang luar ke dalam rumah. Bukan konflik sama orang luar itu sih, melainkan konflik antar anggota keluarga sendiri. Ah, pokoknya ribet deh kalo diceritain! Tapi intinya sih, endingnya udah bias ketebak, ye kan? Namanya juga novel remaja. Sweet-sweet gimanaaa gitu :) Ayolah dibaca kalau penasaran. Bukunya Colleen Hoover sih so far belum mengecewakan saya. Dia mengangkat isu-isu yang gak biasa di kalangan remaja. Seperti dalam buku ini, bawa issue Syiria. Meski saya juga se-ngeblank Merit, tapi issue itu menambah gurihnya rasa novel ini.

IG: @bookdragonmomma

No comments: