Wednesday, August 31, 2005

Owls -- Markus Kappeler


Deskripsi singkat:

Buku ini mendeskripsikan proses evolusi dalam keluarga burung hantu dan membahas karakter fisik, kebiasaan, dan lingkungan dari berbagai macam spesiesnya.

Isi buku:

Buku non-fiksi ini berisi informasi yang cukup lengkap tentang burung hantu. Apa sih burung hantu itu? Apa bener burung itu menyeramkan seperti hantu? Burung hantu selalu dikaitkan dengan kebijaksanaan. Apakah burung hantu itu beneran bijaksana?

Sebenernya belum ada bukti ilmiah tentang kebijaksanaan si burung hantu. Mungkin karena figur wajah burung hantu sedikit mirip dengan manusia. Ditambah lagi penampilan burung hantu seperti "orang yang udah tua" jadi kesannya "tua". Dan orang tua dianggap bijaksana kan?

Burung hantu juga memiliki mata yang besar, yang digunakan untuk mengamati dalam diam. Gestur ini memberi kesan bahwa mereka pintar. Kamu tau nggak kalau burung hantu bisa mengedipkan matanya persis seperti manusia? Nah karena itulah burung hantu dianggap burung yang paling pengertian dan tau segalanya.

Telinga burung hantu sangat sensitif, dan uji ilmiah membuktikan bahwa burung hantu mampu mendengar lebih baik dibanding makhluk hidup lainnya di planet bumi ini. Dan mereka bergantung pada pendengaran mereka ini untuk berburu mangsa. Burung hantu mencari makanan dimalam hari. Mangsa mereka biasanya: tikus, kelelawar, burung kecil, kodok, dan serangga besar.

Dan tau kah kamu kalo didunia ini ada 140 jenis burung hantu yang berbeda? Dibuku ini dijelaskan satu persatu jenisnya. Ayo baca, seru lho! ;)
Post a Comment