Wednesday, September 03, 2008

Writing Magic - Gail Carson Levine

Writing Magic: Creating Stories that Fly Writing Magic: Creating Stories that Fly by Gail Carson Levine


My review

rating: 3 of 5 stars

Kalo mau belajar nulis fiksi yang oke, boleh juga nih baca buku ini. Dilengkapi dengan how-to dan step-by-step in writing plus beberapa tips, buku ini dirasa cukup manjur buat dijadiin resep belajar menulis. Dibuat oleh Gail Carson Levine, yang menulis buku 'Ella Enchanted' (I love that book AND the movie, too!)

Isinya sih gak semua baru, dalam arti ada beberapa yang semua penulis pasti udah tau, kayak misalnya jangan dengerin orang yang bilang ke kita bahwa kita gak bisa nulis, atau nulis terus jangan berenti dan jangan abaikan tulisan kita yang belom kelar meskipun ide lagi numpuk. Ada lagi, tulis semua yang kita dengar, kita rasakan, kita lihat, bahkan suara terkecil dan teraneh pun mesti di tulis.

Pada tiap penghabisan chapter disertai dengan latihan menulis yang membuat buku ini sebenernya bisa jadi pegangan buat yang bener-bener ingin belajar dari awal (dan yang ada waktu kali yah?)

Salah satu chapter yang menarik buat gw adalah chapter 17 yang berjudul: STUCK! Yep, itu yang dialami semua penulis. Trus tipsnya apa? "There is no such things as a perfect book or a perfect story. Every book in every library on this planet has something wrong with it... No matter how hard we writers try, we will never achieve perfection."

WOW! Kalimat itu bener-bener nyadarin gw, bahwa gak usah takut bikin kesalahan dalam tulisan. Just write it down! So, mulai sekarang gw janji akan memberikan kritik yang membangun daripada kritik pedas yang gak berguna untuk sebuah tulisan.

Disini dibahas juga sih soal kritik, katanya akan lebih baik kalau kita punya grup penulis, jadi bisa saling kasih masukan, kasih input (eh, sama yah?) pokoknya support yang membangun deh! (ada yang mau bikin writer's club? daftarrr dong!) Tapi, gak semua masukan bisa kita pake lho, kadang malah input² yang masuk gak berguna dan justru kita dapet ide lain. Itu jg fine-fine ajah ;)

So, It's writing time!

Have fun!

And don't forget to save what you wrote.


View all my reviews.

No comments: