Thursday, February 12, 2009

Raucous Royals - Carlyn Beccia

Raucous Royals: Test your Royal Wits: Crack Codes, Solve Mysteries, and Deduce Which Royal Rumors are True Raucous Royals: Test your Royal Wits: Crack Codes, Solve Mysteries, and Deduce Which Royal Rumors are True by Carlyn Beccia



My review


rating: 4 of 5 stars

Ternyata ya, gosip tuh nggak cuma muncul sekarang aja, lewat infotainment, internet, tabloid, de el el. Tapi sejak jaman baheula yang namanya rumors tuh udah ada. Dan parahnya lagi, gara-gara rumors, orang bisa dipenggal kepalanya. Bahkan raja dan ratu pun bisa kena gosip (yaeyalah justru yang digosipin itu kan orang besar ya? seleb gituu).


Buku ini ngebahas rumors yang beredar dijaman kerajaan dulu. Gimana rumors itu bisa bertahan hingga sekarang? Ya lewat tulisan-tulisan di pamplet, gambar kartun, jinggle yang dinyanyikan, juga dari mulut ke mulut (kek kalo nenangga gitu deh, bergosip di depan pager rumah kali ye kalo sekarang?)


Tapi buku ini nggak cuma ceritain gosip doang, si penulis memberikan jawaban apakah gosip yang beredar benar atau salah, trus dipaparin fakta-fakta sejarahnya.


Kek contoh, Raja Henry VIII digosipin sangat-sangat gemuk sehingga kemana-mana kudu digendong ama pelayan-pelayannya. Pelayan-pelayan lho ya, jamak nih. Jawabnya: BETUL! Bayangin aja, makannya tiap hari aja kepala babi, pie burung pigeon, puding angsa, belut bakar, kaki babi, ikan panggang dengan bumbu (tapi khusus yg ini hanya disajikan pada hari rabu, jum'at dan minggu saja). Tolong! Gimana nggak beratnya sampe 300 pounds! (ada yang tau berapa kilo?) dan dia mesti diangkat sama empat pelayannya kalo naik kotak kerajaan. Tau kan, kotak kecil yang isinya Raja kalo dia mau kemana-mana?


Trus ada gosip lagi nih, katanya Raja Louis XIV, cuma mandi tiga kali selama hidupnya! HA? Can you imagine raja nggak pernah mandi? Baunya udah nggak lazim lagi pastinya tuh. Tapi jawabnya (untungnya): SALAH. Kenapa sampe muncul gosip seperti itu? Karena jamannya Raja Louis itu, kotoran yang ada ditubuh (makin kotor makin bagus) itu bisa membuat kita sehat dan kuat! Jadi orang-orang dulu mandi setahun sekali. Tapi, si Raja justru rajin banget mandi dan dia bersiiih banget, malah ganti undies sampe tiga kali sehari.


Trus, trus satu lagi nih, Napoleon Bonaparte kan digosipin orangnya pendek ya? Pernah denger kan? Jawabannya mau tau gak? SALAH! Bahkan dia setengah inci lebih tinggi dibanding rata-rata tinggi orang di jamannya. Kalo sekarang dia masih ada pasti kepilih jadi pemain basket deh!


Pokoknya buku ini asik banget deh, nggak cuma tulisan tapi banyak gambarnya juga, jadi nggak ngebosenin. Dan banyak fakta sejarah yang bisa kita dapetin. Entertaining juga educating kali ye bahasa kerennya.


View all my reviews.
Post a Comment