Monday, March 09, 2009

Anne of the Island -- Lucy M. Montgomery

Anne of the Island (Puffin Classics) Anne of the Island by L.M. Montgomery


My review


rating: 4 of 5 stars
Book three!



Kehidupan kampus

Buku ketiga ini menceritakan kehidupan Anne selama belajar di kampus. Pengalaman dia datang ke suatu tempat, sebagai anak baru, kikuk gak tau harus ngapain, digambarin dengan asik. Untungnya Anne ada temennya Priscilla, jadi masih ada temen grogi. Trus mereka kost di sebuah rumah yang pemiliknya gila bantal. Dimana-mana bantal, tapi nggak boleh didudukin! Stress gak sih? Lalu mereka nemu rumah yg asik buat di kontrak rame-rame, dan pindahlah Anne, Pris, Stella (temennya di Queen dulu) dan Philippa Gordon (temen baru mereka dari kampus). Berempat mereka tinggal di rumah yang disebut Patty's Place. Rumah mungil dan antik yang terletak di kawasan elit.

Tidak cuma mereka berempat, ada juga Aunt Jimsie (yang dibawa Stella untuk ngejaga mereka) dan tiga kucing!

Love stories

Anne masih nggak bisa menerjemahkan perasaan nyaman yang ada di dirinya ketika bersama-sama Gil. Dia nggak mau dibilang satu 'item' yang sudah diramalkan kalo nanti bakal married. Anne tetap punya impian seorang pangeran yang tinggi dan ganteng yang akan datang padanya. Kalo Gil udah mulai nyerempet-nyerempet ngomongnya, dia ngerasa kurang nyaman dan berusaha mengalihkan. Hingga akhirnya Anne ketemu sama pangeran charming nya, Roy Gardner.

Cakep, tinggi, romantis, dan kaya raya, Anne dan Roy jalan bareng selama dua tahun. Dan selama itu juga Gil jalan bareng Christine (ha? ada ce baru?) Anne sih kadang ngerasa jeles gitu, trus sok menilai kalo Christine kurang gemulai lah, apa lah. Ada aja kritikan buat ce itu meskipun hanya dalam hati aja. Tapi kalo ada Gil dan Christine, Anne malah sengaja mesra gitu ma Roy. Yah tau lah... jinak-jinak merpati. Kadang gemes juga, masa udah kuliah nggak tau kalo itu artinya c-i-n-t-a?

Lamaran

Proposal menikah datang pertama kali dari Jane Andrews yang minta buat abangnya, Billy. Anne yang punya angan-angan sebuah lamaran yang romantis, jadi bete karena seharusnya lamaran bukan lewat orang lain. Trus lamaran kedua datang dari Charlie Sloane yang ternyata naksir Anne. Itu pun terpaksa ditolak, karena Anne memang nggak naksir dia. Charlie marah-marah *ih, tolong!* Lamaran selanjutnya dari seorang pekerja bernama Sam. Waktu itu Anne lagi ngajar di sebuah desa gitu sebagai guru pengganti selama liburan summer. Nah, si Sam ini dengan santainya nangkring di pager, cerita kalo dia bakal beli tempat sendiri, dan perlu istri. Trus sekonyong-konyong ngajak Anne married (Will yeh hev me?). Anne langsung *gubrak!*. Hancurlah angan-angannya tentang lamaran yang romantis.

Setelah lulus kuliah, Roy yang udah pede abis bakal ngedapetin Anne, ngelamar dia. Dan jawaban Anne betul-betul ngagetin dia. Anne menolak. Katanya setelah Roy cabut dengan sakit hati, Roy kurang asik! *Roy gak pernah ngajak ke mol kali, atau nonton bioskop* :D Setelah pulang ke Green Gables, Gil sakit typus. Tau dong, jaman dulu kan sakit typus udah parah banget, dan penyebab kematian yang lumayan tinggi (kalo sekarang sih, bawa aja ke RS, infus, beres!) Nah pas denger Gil sakit inilah, Anne baru ngerasa kehilangan dan takuuuut banget Gil meninggal.

Setelah sembuh, Gil 'nembak' lagi deh, dan pastinya Anne nerima dong! Halaman terakhir pun ditutup dengan helaan nafas lega *syuuuhh.. akhirnya!*

Lanjut buku empat? :D


View all my reviews.
Post a Comment