Thursday, February 26, 2009

Anne of Avonlea - Lucy M. Montgomery

Anne Of Avonlea Anne Of Avonlea by Lucy Maud Montgomery



My review

rating: 4 of 5 stars

Fiuh... baru kali ini baca buku kayak ngejer setoran. Udah sekian lama seri Anne of Green Gables ini menghiasi rak, tapi sekali pun nggak minat buat menyentuhnya. Ntar aja ah, ntar aja ah. Sampe akhirnya bulan kemaren baca bareng gerombolan dan ku akui, ku jatuh cinta.. huu huu.


Buku kedua ini mengangkat kisah hidup Anne dari umur 16 tahun hingga 18 tahun. Anne yang lincah dan ceria kini agak kalem dan lebih bisa mengendalikan emosi. Awalnya sih sedih ya, secara Anne yang di buku pertama tuh nge-gemesin banget! Tapi seiring dengan perjalanan waktu, memang itu yang terjadi pada tiap manusia, bukan? We grew up..


Seperti yang diceritakan di buku pertama, Anne memutuskan untuk tidak mengambil beasiswanya dan menjadi guru di sekolah Avonlea. Sekolah yang tadinya akan diajar oleh Gilbert, tapi dia memilih mundur dan memberikannya pada Anne.


Mulai lah cerita tentang murid-murid Anne, tentang kelucuan mereka dan tentang salah satu murid kesayangan Anne yang bernama Paul Irving. Paul ini anak 'blasteran' lah istilahnya. Ibunya orang Yankee yang dinikahi ayahnya waktu ke US. Paul anak yang suka berimajinasi, dan siapa lagi yang bisa mengerti dia kalo bukan... yep, Anne Shirley, the schoolma'am.


Trus kesibukan Anne yang juga aktif berkegiatan bersama teman-temannya. Mereka membentuk sebuah organisasi yang bertujuan membangun dan mempercantik desa Avonlea. Ditambah lagi Marilla ngadopsi anak kembar: Dora dan Davy. Untungnya Dora anak yang manis, jadi masih bisa lah menghandle Davy yang super aktif.


Ada sih sedikit cerita-cerita romance nya, kek ayahnya Paul Irving yang balik lagi sama cinta lamanya *uhuy, C.L.B.K.* trus Diana yang juga jatuh cinta. Trus Gilbert yang diam-diam mengagumi Anne, tapi masih menyimpannya dalam hati. Mungkin berharap di kampus nanti cinta akan bersemi *duh, jd 'tergetar' nih hati gw baca yang romantis-romantis*


Tapi secara Anne belum menunjukkan tanda-tanda akan jatuh cinta, mungkin di buku ketiga akan diceritakan? Secara mereka kan bakal ke Redmond College bareng-bareng gt loh. Seperti kata pepatah: Witing tresno jalaran opo?


Hyuuuk... lanjut ke buku ke-3: Anne of the Island.


View all my reviews.
Post a Comment