Wednesday, April 22, 2009

Haiku in English -- Harold Gould Henderson

Haiku in English Haiku in English by Harold Gould Henderson


My review

rating: 4 of 5 stars


Buat yang pingin tau apa itu Haiku, dan gimana sih cara bikinnya, boleh lah baca buku tipis ini.

Jadi Haiku itu adalah bentuk puisi yang dibikin oleh orang Jepang sejak abad-abad lampau. Tapi sekarang menulis Haiku sudah mulai dilirik oleh orang-orang Barat. Terhitung puluhan ribu orang Amerika sekarang menulis Haiku -- atau paling tidak mencoba untuk menulis Haiku.

Karena minat yang tinggi itulah The Japan Society menerima banyak permintaan informasi mengenai cara penulisan Haiku dalam bahasa Inggris. Secara nggak semua orang bisa kan nulis dalam huruf kanji?

Nah, ada aturan umum dalam penulisan Haiku.

1. Terdiri dari 17 suku kata bahasa Jepang (5-7-5)

2. Mengacu pada alam

3. Mengacu pada satu kejadian khusus (bukan generalisasi)

4. Kejadiannya saat ini, bukan di masa lampau


Begitulah kira-kira aturan umumnya. Sekarang kita bahas satu-satu aturan umum tersebut.


Aturan 1. Mengenai suku kata. Suku kata dalam bhs Jepang berbeda dengan bahasa Inggris (apalagi dalam bahasa Indonesia ya?) Jadi gak mesti strict ngikutin rules ini. Contoh:

Kore wa kore wa to bakari hana no Yoshinoyama



in English:

Oh...! that's all

upon the blossomed-covered

hills of Yoshino.


Disini bentuknya 6-7-5. Jadi sebenernya gak mesti 5-7-5. Memang idealnya begitu karena aturan dasarnya demikian, tapi ada bahayanya juga ngikutin aturan ini secara strict, karena bisa jadi Haiku yang kita bikin gak ada artinya hanya gara-gara mesti ngikutin 5-7-5 rule itu.


Aturan 2. Mengenai alam. Pengacuan ke alam ini tidak selalu langsung. Bisa juga ke musim. Contoh:

Ie wa mina tsue ni shiraga no haka mairi

in English:

A family -- all

leaning on staves and white-haired--

visiting the graves.

'Visiting the graves' disini mengacu pada pertengahan musim panas.

Tapi ada argumentasi kalo musim di Jepang kan beda dengan musim di Amerika. Jadi orang Amerika banyak menulis dengan gaya mereka sendiri. *ngeyel ya?* katanya penggunaan musim dan pengacuan pada alam itu gak praktis. Kalo di Indonesia, musimnya lebih banyak ya? Musim duren, musim mangga, gimana cara bikin Haiku nya?


Aturan 3 & 4. Mengenai satu kejadian dan terjadi saat ini. Meskipun universal, tapi rules 3&4 ini saling terkait. Tapi ada juga yang membuat rule 4 dalam bentuk lampau. Contoh nih bikinan orang Amrik:

That dead tree's branches

I, that clump of weeds, and all

Flowered that summer
.

Bentuknya masa lampau kan? Tapi perasaan terhadap puisi itu -emosinya- adalah sekarang. Intinya sih apa yang kita rasakan saat membuat puisi ini kali ye?

Anyway, membuat Haiku itu sulit-sulit gampang. Kalo sekilas kek lagi belajar jari pintar, tangan menghitung suku kata. Padahal kalo nulis puisi mah bebas aja ya? Gak mesti juga ngikutin aturan aa-bb or whatever. Tapi disinilah uniknya membuat Haiku. Kalo gak pake aturan, apa bedanya dengan berbalas pantun dong? ;)

Yuk coba bikin! Seru kok :D

View all my reviews.
Post a Comment