Friday, May 08, 2009

The worry tree -- Marianne Musgrove

The Worry Tree (Pohon Cemas) The Worry Tree by Marianne Musgrove



My review

rating: 3 of 5 stars


Lagi-lagi buku tentang betapa sibuk dan repotnya menjadi anak-anak. Di buku The Retired Kid, diceritakan gimana seorang anak bosan menjadi anak-anak dan memilih untuk pensiun dini.

Di buku ini, karakter utamanya merasa cemas. Banyak hal yang dia cemaskan, mulai dari adiknya yang selalu usil, teman-temannya yang menyuruhnya memilih siapa yang terbaik, belum lagi persoalan ayah dan ibunya yang makin lama makin membuatnya lebih dari cemas, belum lagi neneknya yang susah dibilangin (namanya jg uyut-uyut). Pokoknya hidupnya selalu cemas, cemas dan cemas.

Tapi kecemasannya mulai berkurang sejak ia diperkenalkan oleh Sang Uyut ke hewan-hewan yang ada di pohon cemas. Tentu aja nggak ada yang namanya pohon cemas di penjual tanaman hias. Pohon ini adalah lukisan yang dibuat oleh buyutnya dulu dengan hewan-hewan yang bertengger di tiap cabangnya.

Tiap hewan memiliki keahlian khusus untuk menangani kecemasan: masalah keluarga serahkan pada hewan A, cemas masalah sekolah serahkan pada hewan B, begitu seterusnya (maaf, ingatan buruk kalo harus nginget²)

Sebenernya awalnya gw berharap hewan² itu akan hidup dan berbicara pada dia di malam hari ketika yang lain sudah tidur. Jadi semacam teman hayalan deh, tapi bisa buat curhat. Ternyata nggak... sedikit kecewa sih, tapi itu kan gara-gara imajinasi gw aja yang terlalu liar.

Anyway, ternyata kehadiran hewan-hewan ini sangat membantu Juliet untuk menjalani hari-harinya dengan lebih ringan. Ada satu saat ketika Juliet merelakan kamarnya diambil kembali, gw ikut ngerasa sedih... huu huu huu poor Juliet. Tapi tentu saja happy ending is coming, jadi semua baik-baik saja :D

Btw, buku ini diterjemahkan oleh Ninoez, ketua genk narziz. Good one, Noez! :D

View all my reviews.
Post a Comment