Tuesday, September 01, 2009

30 Hari Jadi Murid Anakku -- Mel

30 Hari Jadi Murid Anakku 30 Hari Jadi Murid Anakku by Mel

My rating: 3 of 5 stars

"The softest things in the world overcome the hardest things in the world." (Taoist sage, Lau-Tzu)

Quotation ini saya baca di akhir halaman, dan seperti halnya Mel, saya pun merasakan hal yang sama: ada saatnya merasa ditampar karena ucapan mereka yang seperti reminder buat saya, ada juga saatnya dilambung tinggi hanya oleh sebuah kecupan kecil di pipi di saat yang tak terduga.

Buku simple ini berisi hal yang nggak simple sebenarnya. Dituliskan dengan cara yang asik dan tidak menggurui, Mel seolah sedang ngobrol dengan kita tentang dua ksatrianya. Membacanya aku jadi malu, mengingat-ingat apakah aku bisa menuliskan hal sedetail itu tentang kedua angels-ku. Rasanya belum. Tapi Mel sangat mengenal kedua anaknya, dan mengakui bahwa dirinya belajar dari anak-anaknya adalah hal yang luar biasa untuk seorang ibu muda seperti Mel. Wawasannya luas dan dia sangat open mind terhadap opini anak-anaknya.

Saya sangat terkesan dengan kata-kata: "Aku tidak menyimpan kebahagiaan-ku pada mereka. Aku jelas bahagia mereka dapat mewarnai hidupku. Tapi bukan berarti menggantungkan kebahagiaanku pada mereka." (hal.147) That was a nice words!

Thank you Mel, for writing such a nice book for us, mothers. Kita perlu juga diingatkan bahwa memang anak kita bukanlah anak kita. Mereka titipan yang seharusnya kita jaga dan rawat. Bukan yang diharuskan menjaga dan merawat kita di saat tua nanti. Tapi kalo itu terjadi, what a blessing :D

View all my reviews >>

No comments: