Thursday, July 31, 2014

Oppa & I -- Orizuka & Lia Indra Andriana

Oppa & I -- Orizuka & Lia Indra Andriana

My rating: 4 of 5 stars

Saya jatuh cinta sama tulisan Orizuka sejak baca buku Infinitely Yours. Tema-tema Korea yang kebetulan memang sedang naik daun, berbarengan juga dengan demam kdrama yang melanda saya, membuat saya langsung ‘klik!’ Hehe, I know, suka lupa umur memang kalo untuk urusan yang satu itu.

Kali ini, novel Oppa & I berhasil juga menarik perhatian saya. Awalnya sih iseng saja, karena melihat anak remaja saya membacanya, saya jadi tertarik juga. Hanya membutuhkan beberapa jam saja untuk menyelesaikannya, membuat anak saya terperangah. “Hah? Bunda udah selesai?” dan dia pun buru-buru menyembunyikan buku keduanya yang baru sepertiga dibacanya, karena takut saya baca duluan. Hadeeehhh, kudu sabar nunggu dia kelar dulu baru bisa pinjem. Ini nih, yang bikin saya nggak mau nonton kdrama kalau belum kelar serinya.

Sebutlah Jae In, yang kembali ke Korea bersama ibunya yang asli Indonesia, untuk tinggal kembali bersama ayahnya yang asli orang Korea, setelah terpisah selama 5 tahun. Awalnya saya pikir bakal repot nih menghapal nama-nama Korea, secara kalo nonton film Korea juga gak pernah berusaha mengingat nama tokoh-tokohnya. Maklum faktor U :p

Jae In, sangat membenci Jae Kwon, saudara kembarnya, yang dulu memilih untuk ikut ayah mereka kembali ke Korea. Selama 5 tahun hidup susah di Indonesia, tak pernah sekali pun ada kabar berita dari Korea untuknya, membuatnya merasa ditinggalkan dan dilupakan. Itu yang menyebabkan Jae In sulit memaafkan saudara kembarnya itu. Setelah di Korea, dia mengultimatum agar Jae Kwon tidak memberitahu siapa pun (termasuk teman-teman di sekolah mereka) bahwa mereka adalah saudara kembar. Dan itu tidak sulit, karena mereka kembar fraternal, alias tidak identik. Malah sebaliknya, teman-teman mereka menyangka mereka berpacaran.

Kebencian dan dendam Jae In pada Jae Kwon perlahan menyurut namun tak hilang sama sekali. Kebaikan dan keceriaan yang ditunjukkan Jae Kwon padanya membuatnya perlahan-lahan meleleh dan membangkitkan rasa ingin tahu Jae In pada kehidupan pribadi Jae Kwon yang ternyata tidak seperti yang diperlihatkannya.

Plusnya: rasanya saya tidak menemukan typo dalam novel ini. Saya sangat menikmati alur dan gaya bercerita dua penulis yang berkolaborasi ini. Tulisan mereka begitu menyatu membuat saya penasaran, bagaimana teknis penulisannya? Apakah estafet per bab satu penulis, atau gimana? Beneran penasaran. Semoga penulisnya membaca dan bisa memberikan tips untuk saya, karena saya ingin sekali bisa menulis duet seperti ini bersama teman saya :)

Minusnya adalah, novel ini terlalu tipis :D Saya masih ingin menikmatinya lebih lama.

Tetapi ending yang disuguhkan sangat indah. Saya suka! Saya suka! *ala MeiMei di Upin Ipin*
Beberapa kata Korea bertebaran di dalam novel ini, membuat saya mencoba menyebutkannya dan keasyikan sendiri. Sebab di kdrama, sering ingin ikutin cara ngomong mereka, tapi nggak tau tulisannya. Di buku ini dikasih contoh plus artinya dan seru banget nyoba-nyoba ngomong Korea! I love it! *tolong jangan ingatkan saya pada umur*

Covernya juga lucu. Judulnya bikin penasaran. Oppa & I ini maksudnya Oppa dalam arti cowok yang disuka (kan kalo di film cewek-cewek suka manggil Oppa pada cowok yang disukanya) atau abang kandung. Ternyata, ini cerita tentang persaudaraan. Sweet!

4 bintang untuk novel ini, dan saya ingin membaca lanjutannya. Semoga anak saya mau segera menyelesaikannya biar saya nggak perlu nunggu lama. Karena dia sendiri stress melihat saya selesai baca dengan cepat :D
Post a Comment