Thursday, October 02, 2014

Bonbon Si Hidung Tomat -- Lia Herliana


Bonbon Si Hidung Tomat
By Lia Herliana

My rating: 4 of 5 stars

Siapa yang nggak tau badut? Badut itu sosok yang lucu, menggemaskan, dan menghibur dengan tingkahnya yang lucu. Tapi banyak juga lho yang takut sama badut. Mungkin karena waktu kecil ditakut2in kalau nggak mau makan dipanggilin badut? Bisa jadi :-)

Di buku Bonbon Si Hidung Tomat, dijamin anak-anak nggak akan takut sama badut. Lihat saja covernya yang cerah ceria dengan ilustrasi yang penuh warna. Pasti langsung menarik perhatian pembaca cilik. Bonbon adalah badut baru yang ingin sekali bisa tampil di sirkus. Dia ingin memiliki keahlian menghibur, maka dia pun meminta bantuan teman-teman badut lainnya untuk mengajarinya. Tapi semua sibuk! Semua juga sedang mempersiapkan diri untuk tampil di sirkus. Bonbon jadi sedih.

Ketua badut memberinya hidung merah. Setelah dipasang, hidung itu akan jadi bagian dari diri Bonbon. Bukannya senang, Bonbon malah makin sedih. Dengan hidung merah seperti ini, dia pasti akan jadi bahan tertawaan banyak orang. Bonbon pun keluar tenda dan duduk di bangku sambil memencet hidungnya.

Nit-not! Nit-not! Wah ditambah lagi hidungnya berbunyi. Pasti dia akan jadi bahan lelucon!

Tapi ternyata bunyi hidung Bonbon menarik perhatian beberapa anak yang lewat. Mereka mendengar suara hidung Bonbon. Wah, apa yang akan terjadi ya? Penasaran? Baca dong bukunya ;)

Itu tadi adalah cerita pertama dari lima cerita badut yang ada dalam buku ini. Temanya masih seputar kehidupan sehari-hari kok, misalnya tentang membantu teman yang kesulitan, merasa iri pada kelebihan orang lain, berteman dengan orang baru, dan lainnya.

Buku cerita anak jaman dulu sangat minim gambar. Kalau pun ada gambar, hanya sedikit. Banyakan tulisannya sehingga membuat bosan pembaca cilik. Tapi buku ini beda.

Ilustrasi yang kece badai penuh warna dengan kertas yang tebal, membuatnya cukup awet dan tak perlu khawatir pembaca cilik akan merusaknya. Dengan harga yang menurut saya wajar buat buku full color ini, Bonbon si hidung tomat adalah investasi yang sangat menguntungkan. Kenapa?

Pertama, untuk pembaca cilik yang belum bisa membaca, mereka akan betah melihat gambar2 penuh warna di buku ini. Kedua, untuk pembaca cilik yang baru belajar baca, tak akan kesulitan membaca karena didominasi gambar dengan tulisan yang sedikit. Terakhir, untuk balita, cucok untuk melatih penglihatan dengan warna-warninya yang menarik.
Semoga makin banyak buku anak berkualitas seperti ini, agar makin kaya ragam bacaan anak di Indonesia.

*

Link review Bonbon di Goodreads: https://www.goodreads.com/review/show/1070677680

Post a Comment