Thursday, November 13, 2014

Lakon Librarian: Library Display, part 2

Perpustakaan sekolah layaknya menjadi tempat yang menyenangkan untuk siswa berkumpul. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk membuat perpustakaan banyak dikunjungi siswa adalah dengan membuat hiasan atau display yang menarik.

Jendela kosong
Jendela Kosong

Bagi perpustakaan yang dikelilingi jendela kaca seperti perpustakaan di tempat saya bekerja, menghias agak sedikit sulit. Kalau dibiarkan kosong, kesannya akuarium banget. *emang ekeh ikan, je??*

Oleh karena itu, butuh browsing sesering mungkin untuk menjaring ide sebanyak-banyaknya. *ah, alesan! Bilang aja suka browsing* hehehe.. Tapi browsing untuk sesuatu yang bermanfaat rapopo, toh?

Walhasil, saya mendapat ide untuk membuat library wordle. Cara membuatnya sangat mudah. Hanya membutuhkan kesabaran dalam mencari kata-kata yang sesuai dengan library. Setelah dapat kata-kata yang menggambarkan perpustakaan, lalu ikuti langkah-langkah di bawah ini:

Library Words
Library Words

1. Buka Microsoft Publisher, pilih Banner ukuran short (60 x 8.5"). Ukuran ini kalau diprint bisa dpt 6 HVS. Jadi kalau mau buat yang kecil, dipasin aja ukurannya jadi 1 atau 2 HVS.

2. Ketik menggunakan WordArt. Pilih yang model paling simple, yaitu hanya yang bergaris luar saja. Sebab kita akan menggunakan kertas yang sudah berwarna. Pilih satu font untuk semua kata-kata supaya seragam. Saya pakai font Cooper Black. Dan pilih line/border style untuk ketebalan garis huruf. Saya pilih 3pt.

3. Sesuaikan ukuran kata-kata tersebut di Publisher. Buat ada yang besar, ada yang kecil. Rajin-rajin buka print preview untuk lihat hasil print outnya.

4. Siapkan kertas HVS warna-warni agar lebih irit. Karena menggunakan tinta warna terlalu mahal, ya kan?

5. Print di atas kertas tersebut.

6. Gunting tiap kata dengan dilebihkan sedikit di luar garis agar ada aksennya.

7. Laminating.

8. Tempel deh! Usahakan hanya dua arah saja ya: horizontal dan vertikal. Jangan diagonal, ntar yang baca pusing :)

Gampang, kan? Ini dia hasilnya! Setelah ditempel kata-kata, libraryku tak tampak seperti akuarium lagi, kan? ;)

20141114_093420
Library Wordle Display

8 comments:

Ozzan said...

Keeyeeennn sangaatt..

Syl si Mak Biker-Brarian said...

Thank youuu :-)

luckty said...

Uwwwwwwwoooooowwww...tjakep badai!!!! ;)

Syl si Mak Biker-Brarian said...

Ma aciiiihhhh... :-) lg doyan display nih

Lakon Librarian #13: Library Display, part 2 | Melakoni Hidup said...

[…] ini banyak jendela kosongnya. (Ide Library Wordle untuk jendela kosong nan lebar bisa dilihat di sini) Untuk menyiasati agar tidak terlalu melompong, saya minta anak-anak untuk menuliskan review […]

Dewi Rieka Dua said...

seruuuu…

Syl si Mak Biker-Brarian said...

Ayoo bikiinnn :-)

Lakon Librarian #33: Library Display, part 9 | Melakoni Hidup said...

[…] beberapa tahun yang lalu. Kalau penasaran seperti apa display sebelumnya, monggo lho dicek di LINK INI, tapi yang penasaran aja lho yaaa.. kalo nggak ya nggak usah […]