Sunday, November 23, 2014

Lakon Librarian: Si Pendiam Di Library

Girl reading
Selain sebagai tempat menyimpan banyak informasi, perpustakaan yang memiliki banyak fungsi yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan, juga memiliki fungsi lain, yakni sarana rekreasi, di mana pengunjung dapat bersantai dan menikmati membaca buku atau koleksi lain seperti majalah dan koran.

Di dua tempat di mana saya bekerja, library juga berfungsi sebagai tempat pelarian para siswa introvert. Mereka bisa jadi terlalu malu untuk berteman (biasanya anak kelas 1 atau anak baru), atau bisa jadi karena malas bergaul (lebih suka membaca buku).

Ada seorang anak gadis yang saya kenal saat pertama kali bekerja di Mentari School. Anak ini baru kelas 1, dan sangat pendiam. Saat teman-teman lainnya berlarian dan bermain bersama teman-teman baru mereka, gadis ini hanya berdiri diam dan memandang temannya dari jauh.

pic from: angryallyforever.blogspot.com
Saya perhatikan tak ada yang mengajaknya bermain. Mungkin karena masih baru lulus dari TK, mereka belum memedulikan hal tersebut.  Jadilah anak itu makin pendiam.

Suatu pagi, saat saya baru sampai sekolah, dia sudah ada di koridor depan kelasnya yang masih terkunci. Saya sapa dia hanya dengan, "good morning." Karena saat itu saya belum tahu namanya.

Saat library time, siswa datang untuk meminjam buku dengan guru mereka dan saya baru tahu nama gadis itu. Saya sapa dia dengan menyebut namanya saat hendak meminjam buku.

Tahun-tahun pertama di sekolah, dia lebih sering terlihat sendiri. Dan saya tak pernah absen menyapanya, meski pun kadang dia terlalu malu untuk menyahut.

Sejak saya sering menyapanya, dia mulai masuk ke library saat jam istirahat. Meski pun dia diam saja sambil membaca buku, saya hampiri dia dan menanyakan sedang baca buku apa. Dengan suara pelan dia akan jawab. Lumayan, ada kemajuan :)

Sekarang dia sudah di kelas 4. Pembawaannya tentu sudah jauuhh berbeda. Sekarang dia anak yang riang dan banyak temannya. Dan yang paling bikin saya senang adalah, dia yang terlebih dahulu menyapa saya, sebelum saya menyapanya.

Begitu buka pintu library, dia akan langsung berteriak, "hai Miss!"

Happy? Of course! :)

2 comments:

fandhy said...

Mungkin dia sudah bakat menjadi orang introvert :)))

Syl si Mak Biker-Brarian said...

Hahahhaa... Introvert itu bakat ya? Kirain keahlian :-)