Tuesday, March 10, 2015

Bikin MP-ASI dari Menu Keluarga -- Almira Sitasari & Ika Isnaeni

Bikin MP-ASI Dari Menu KeluargaBikin MP-ASI Dari Menu Keluarga by Almira Sitasari

My rating: 4 of 5 stars


Pengin masaaaakkkk!

Itulah yang pertama kali muncul di kepala sesaat saya membaca buku ini. "Bikin MP-ASI dari Menu Keluarga" benar-benar seperti menonjok sekaligus merangkul saya, sebagai ibu dengan putra yang (pas banget) berusia 7 bulan, untuk membuat makanan sendiri untuk bayi saya.

Terus terang, memiliki anak dengan jarak yang cukup jauh (12 tahun) membuat saya seperti jet lag, alias kagok mau bagaimana. Mengurus bayi sih nggak lupa-lupa amat, cuma pas harus memberi makanannya saat dia berusia 6 bulan, ini yang bikin saya nggak pede. Kenapa? Karena saya ingin memberikan makanan yang bergizi dan sehat buat anak saya. Pastinya dong! Nah, ujung-ujungnya, keluar duit lebih agar bisa membeli makanan siap saji (bubur instant) yang mahal. Soalnya saya nggak tahu kalau makanan bayi usia 6 bulan itu sudah bisa dengan menu keluarga. *aiisshhh, ngakunya sarjana!*

Tapi memang kan jadi ibu itu tidak ada sekolahannya, kan? Jadi wajar lah kalau saya nggak tahu. *ngeles* Dan betapa beruntungnya saya dapat buku ini! Di dalamnya dijelaskan apa sih MP-ASI dari menu keluarga, diterangkan juga apa sih makanan lumat, makanan lembik, dan bagaimana cara memberikan yang tepat.

Jadi, kalau mengenalkan makanan pada anak itu, satu jenis dulu agar ketahuan anak itu punya alergi atau tidak. Nah, untuk makanan jenis tertentu, harus lebih diperhatikan 1-DAY RULE nya seperti ketika ingin mengenalkan susu, kacang-kacangan, telur, ikan, produk laut, dan lainnya. Soalnya jenis-jenis tersebut rentan alergi kan?

Nah, makanan apa saja sih yang bisa diberikan pada anak usia 6-9 bulan, dan usia 9-12 bulan? Alat apa saja yang diperlukan, cara menyiapkan makanan lunak & makanan lembik. Buku ini dilengkapi resep makanan untuk keluarga, dengan petunjuk menyiapkan MP-ASI untuk bayi usia 6-9 dan 9-12 dari menu tersebut.

Di bagian terakhir, ada tanya-jawab semacam FAQ seputar pemberian MP-ASI, seperti bagaimana jika anak diberikan buah dulu pada awal masa MP-ASI? Bagaimana jika bobot badan anak tidak naik setelah diberikan MP-ASI? Bagaimana jika setelah diberi MP-ASI anak malah sembelit? Dan pertanyaan lainnya.

Dengan ilutrasi yang menarik, dan kertas glossy, buku ini menawarkan alternatif baru dalam memberikan MP-ASI. Kalau bisa membuat menu dari makanan keluarga, kenapa harus beli yang instant, ya kan? Lebih sehat, lebih murah dan praktis.



View all my reviews
Post a Comment