Sunday, March 01, 2015

Croissant -- Josephine Winda

CroissantCroissant by Josephine Winda

My rating: 4 of 5 stars


C'est la vie
Je t'aime
Rendezvous
Vis-à-vis

Adalah beberapa kata dalam Bahasa Perancis yang menjadi judul bab masing-masing cerita dalam kumpulan cerpen ini. Kumpulan cerita pendek yang ditulis oleh Josephine Winda ini, menawarkan kisah-kisah ringan namun sarat dengan makna. Jalan cerita yang akrab dengan keseharian kita, dirangkai dengan kata-kata yang enak diikuti serta ending yang tidak mudah ditebak menjadi kekuatan dalam setiap cerita di dalamnya.

Salah satu contoh, bab berjudul Je t'aime. Seorang gadis yang masih penasaran dengan masa lalunya (cowok, cinta pertama, you know how it is) setelah sekian tahun lamanya, tiba-tiba teringat pada cinta monyetnya, cowok teman sekolahnya dulu. Jago basket, perawakannya ideal (namanya juga atlet), pembawaannya ceria, membuat gadis ini jatuh cinta. Dan seperti biasa dalam kisah kehidupan remaja (maksudnya kehidupan saya saat remaja) dia hanya bisa mengagumi dari jauh.

Lalu setelah dia kuliah di luar negeri, mencari lewat facebook, menemukan kembali si cowok tersebut, menghubunginya, dan akhirnya mereka pun berteman. Si cowok, yang seperti biasa dilakukan oleh kaum-kaum populer di sekolah, tidak mengenal gadis ini, tapi dengan tangan terbuka menerima pertemanan di facebook, bahkan mengajak kopi darat.

Singkat cerita, mereka bertemu. Kalau sebelumnya si gadis masih berpikir apa sih yang membuatnya menyukai cowok itu dulu? Dia berharap bisa menemukannya saat ini. Tapi alangkah terkejutnya (dan herannya) si gadis ini, saat mereka bertemu, si cowok ternyata tidak seperti yang dia harapkan. Dan pada akhirnya dia pun bisa melepaskan masa lalunya, dan move on dengan kehidupannya yang sekarang.

Kadang, kita tidak menghargai orang yang menyayangi kita, saat masih terjerat masa lalu. So, lepaskan masa lalu sesegera mungkin, agar tidak terlambat saat ingin memulai hidup yang baru. Mungkin begitu kira-kira pesan yang ingin disampaikan dari cerita Je t'aime tadi.

Kisah-kisah ringan dan manis seperti di atas dapat ditemui dalam kumpulan cerpen ini. Sekali membuka halaman pertama, langsung jatuh cinta dan tidak ingin berhenti. Segelas lemon tea hangat dan sepotong atau dua potong croissant adalah teman yang sempurna dalam menikmati kumpulan cerpen ini.



View all my reviews
Post a Comment