Tuesday, August 11, 2015

The Hundred Dresses -- Eleanor Estes

The Hundred DressesThe Hundred Dresses by Eleanor Estes
My rating: 4 of 5 stars

Wanda adalah anak keturunan Polandia dengan nama yang unik. Atau aneh, menurut teman-temannya. Setiap hari Wanda pergi ke sekolah memakai baju yang sama: baju terusan berwarna biru yang sudah pudar. Teman-temannya merasa aneh dengan penampilan Wanda yang begitu-begitu saja. Mereka pun bertanya tentang bajunya. Dan jawaban Wanda sangat mengejutkan mereka. Dia mengatakan bahwa di rumah dia punya seratus baju yang cantik-cantik. "All line up nicely," katanya.

Teman-temannya merasa Wanda berbohong. Karena bagaimana tidak? Bajunya saja yang dipakai itu-itu saja. Mana mungkin dia punya seratus baju cantik di rumahnya? Mereka mulai mengejeknya.

Ada seorang siswa yang merasa ejekan terhadap Wanda tidak pantas, namun dia diam saja karena takut untuk membela Wanda. Akhirnya Wanda sendirian saja di sekolah. Suatu hari, kejutan menanti di kelas. Kejutan apa ya? Dan ada apa pula dengan baju-baju cantik yang terpajang di kelas?

Buku ini mengajarkan anak-anak bagaimana seharusnya bersikap pada teman mereka. Tidak mengejek jika mereka tampil beda, tidak menghina jika ternyata mereka dari keluarga yang kurang, dan tidak menjauhi jika mereka kelihatan beda. Berteman haruslah dengan siapa saja. Dan jika ada ketidakadilan terjadi di depan mata, bagaimana anak-anak seharusnya bersikap agar tidak terjadi penyesalan di kemudian hari.

Ending buku ini sangat menggugah hati, membuat saya teringat kembali buku yang sudah saya baca tahun lalu ini, saat seorang guru mengatakan bahwa akan menjadikannya novel study di kelasnya. Good, buku ini memang harus menjadi bacaan wajib setiap anak. Karena disadari atau tidak, bullying terjadi di sekolah. Disadari atau tidak, diam ketika melihat bullying pun terhitung bully.

View all my reviews
Post a Comment