Monday, August 03, 2015

On Beyond Zebra -- Dr. Seuss

On Beyond Zebra!On Beyond Zebra! by Dr. Seuss
My rating: 4 of 5 stars

Ketika semua orang berhenti mengabjad di huruf Z, tidak demikian dengan karakter di dalam buku ini. Karena justru setelah huruf Z lah mengabjad dimulai!

Diawali dengan huruf YUZZ untuk mengeja Yuzz-a-ma-Tuzz, dilanjutkan dengan WUM untuk mengeja Wumbus, sejenis paus yang tinggal di atas bukit dan tidak pernah turun kecuali saat harus mengisi ulang air untuk disemprotkan di atas kepalanya.

Setelah itu ada UM yang digunakan untuk mengeja Umbus, sejenis sapi dengan satu kepala dan satu ekor, namun badannya panjang, dan memiliki 98 hingga 99 puting susu sehingga untuk memerahnya memerlukan banyak ember. Lalu ada HUMPF. Untuk apa huruf itu? Ternyata digunakan untuk mengeja Humpf-Humpf-a-Dumpfer. Dan masih banyak lagi huruf-huruf unik yang diciptakan Dr. Seuss dengan imajinasi tingkat tingginya.

Diiringi ilustrasi khas Dr. Seuss, buku ini akan membawa pembaca jauh melampaui huruf Z, dan melatih keahlian mengeja. Setiap huruf digambarkan dengan ilustrasi yang unik dan diberikan pengertian dari kata yang menggunakan huruf tersebut, seperti huruf ITCH untuk Itch-a-pods, sejenis hewan yang selalu berlarian kesana-kemari. Asli ini kocak banget penjelasannya, saya copas yaa:

The ITCH is for Itch-a-pods, animals which race around back and forth, forth and back, through the air on a very high sidewalk between HERE and THERE. They're afraid to stay THERE. They're afraid to stay HERE. They think THERE is too far. They think HERE is too NEAR. And since HERE is too NEAR and out THERE is too FAR, they are too scared to roost where-so-ever they are.

Di bagian akhir buku, Dr. Seuss menuliskan 19 huruf beserta cara membacanya dan kegunaannya dalam kata.

Saya harus mengakui bahwa imajinasi Dr. Seuss memang tiada tandingannya. Kecuali mungkin Roald Dahl yaaa... Mereka adalah contoh penulis yang tidak membiarkan hal yang kasat mata menghambat dalam berkarya. Imajinasi mereka yang tinggi dan luar biasa berhasil menelurkan banyak karya hebat yang diakui semua kalangan.

Terakhir, buku On Beyond Zebra ini sangat direkomendasikan bagi pembaca yang siap untuk bertualang ke dunia huruf setelah Z.

View all my reviews
Post a Comment