Monday, May 16, 2016

Big Bad Wolf Books 2016

Siapa yang tidak tahu acara book fair terbesar di Indonesia tahun ini? Semua yang gila buku (doyan beli, doyan baca, doyan numpuk buku) pasti paling tidak pernah dengar dong?

Yap! The Big Bad Wolf Books book sale diadakan di Jakarta! Tepatnya di ICE (Indonesia Convention Exhibition) BSD. Setelah sebelumnya mereka berjualan di Penang. Sebenarnya siapa sih Big Bad Wolf ini? Siapa yang berada di balik ide heboh ini?

Saya pun mencari tahu, dan dapat info dari (siapa lagi kalau bukan) Wikipedia :D Ternyata idenya berasal dari seorang pemilik toko buku BookXcess di Malaysia, bernama Andrew Yap dan pasangannya, Jacqueline Ng. Dalam rangka menghabiskan stok buku di tokonya, mereka menjual murah buku-buku jualan mereka dengan memberi diskon dari 75% hingga 95%. WOW! Mereka pun mencari buku-buku yang ditumpuk penerbit di gudang-gudang mereka dengan harga murah, dan menjual kembali. Buku yang mereka jual dijamin asli dan baru!

pic.credit: travel.kompas.com
pic.credit: funnymalaysia.net
Tentu saja ide tersebut mendapat sambutan meriah dari para penggemar buku. Pastinya! Dan mereka pun bekerja sama dengan penerbit untuk menjual buku-buku yang tersimpan dalam gudang mereka untuk dijual dengan harga murah. Seperti semua mungkin sudah ketahui, buku-buku yang dijual di toko dan tidak habis dalam jangka waktu tertentu, akan ditarik dari rak untuk memberi tempat bagi buku baru lagi. Buku-buku tersebut dikembalikan ke penerbit dan disimpan di gudang. Nah, buku-buku yang disimpan ini akan diobral saat ada event, misalnya.

Pasangan ini pun mengajak penerbit untuk bekerja sama, menjual buku-buku yang ditumpuk itu di event mereka, sehingga bisa cepat terjual. Jadi bisa dipastikan, buku-buk yang dijual di event Big Bad Wolf book sale ini adalah buku-buku asli!

Sempet panik
Saat saya datang ke Hall 10, ternyata antrian masuknya saja beuhhh...! Can never imagine acara book sale bisa segitunya. Maju perlahan-lahan, akhirnya saya berhasil masuk. Ternyata di dalam itu luaaasss banget, dan bukunya BANYAAAAKKKK banget!

Saya sampai bingung mau browsing ke tumpukan buku yang sebelah mana. Agak panik dan histeris juga yaaa.. Saya kesana sama adik dan dua anak saya. Kami semua berjanji nggak akan kalap. Tarik napassss... mulai hunting buku yang bener-bener diinginkan. Awalnya saya bawa setumpuk buku yang saya mau. Soalnya mau semuaaaa!!! Tapi saya harus strick. H a n y a  S A T U  b u k u. Titik!

Muter-muter, keliling-keliling, anak sulung saya nemu satu buku yang dia mau. Adiknya beli buku juga seharga buku kakaknya. Jadi kakaknya dapet 1, dia dapet 6 karena satu bukunya seharga 10 ribuan. Saya? Pada akhirnya saya beli dua. He-he. Gak papa lah yaaa? Namanya juga emak-emak. Ini udah termasuk menahan diri tingkat tinggi, you know. Masih mending loh saya gak bawa koper! *padahal emang karena abis banget gajian, saya mesti menahan diri karena masih banyak tagihan yang belum dibayar* :p

Sayangnya, buku yang saya cari tidak ada: Finding Audrey nya Sophie Kinsella sama Go Set a Watchman nya Harper Lee. Mungkin buku-buku itu masih diproduksi karena banyak permintaan, jadinya nggak mungkin lah numpuk di gudang :p Tapi buku Jodi Picoult banyak banget, kecuali (lagi-lagi) judul yang saya cari: Handle with Care. Sepertinya memang yang diobral bukan buku baru juga ya, meski kondisinya baru-baru.

Buku anak? ADA! Ada banget! Board book untuk bayi, dijual murmer cihuy! Buku cerita bergambar untuk anak yang kece badai, bikin saya ngiler untuk jadiin koleksi perpus di sekolah. Sayang, saya gak dimodalin sih buat beli buku di sana sama sekolah. Mungkin karena saya mendadak kesananya. Asli, awalnya saya niat gak niat ke sana, karena nggak tahu tempatnya. Hehehe. *maklum ya, anak udik*

Tapi pastinya sih, saya bakal nyiapin kocek buat acara Big Bad Wolf tahun depan. Semoga adaaaa...!

Happy...!

No comments: