Sunday, May 15, 2016

The Vine of Desire -- Chitra Banerjee Divakaruni

The Vine of Desire by Chitra Banerjee Divakaruni

My rating: 3 of 5 stars

Setelah sering dengar teman-teman di Goodreads baca bukunya Mbak Chitra, saya sebenarnya sudah sangat tertarik pingin baca. Tapi karena bukan penulis favorit (atau belum?) saya jadi nggak nyari bukunya. Pingin tapi gak nyari. Yah, gimana mau baca yaaa? Dan akhirnya kesempatan itu datang di Big Bad Wolf book sale, saya menemukan buku ini! YAY! Saya yang niatnya cuma mau beli 1 buku, jadi gak bisa ngelepas 2 buku di tangan. Ya udah, ambil aja lah! Dan saya nggak menyesal meski jujur, saya agak struggling membaca tulisan mbak Chitra. Kata-kata pilihannya cukup berbunga-bunga dan kadang saya sulit memahaminya. Hehehe maklum, belajar bahasa Inggrisnya kan dulu di Ciputat ;)

Anju dan Sunil adalah pasangan suami istri. Mereka tinggal di Amerika sejak menikah, dan baru-baru ini Anju mengalami keguguran. Tentu saja kejadian itu membuat pasangan ini sedih dan Anju pun mulai menjauh. Tiap kali Sunil mulai melakukan manuver untuk mengajaknya berintim-intim, Anju langsung menarik diri. Dia tahu ini salah, namun dia tidak bisa menahan dirinya. Bisa ditebak, hubungan pasangan ini menjadi sedingin es.

Anju pun meminta sepupunya, Sudha, untuk datang ke Amerika guna memberinya kekuatan. Seperti yang mungkin sudah baca di buku Mbak Chitra yang lain (saya belum), Anju dan Sudha tumbuh besar bersama. Mereka sangat dekat, ikatan batin mereka sangat kuat. Bahkan tanpa berbagi cerita, mereka bisa merasakan kesedihan/kegembiraan yang lain. Segitu dekatnya mereka. Bikin saya pingin baca buku Sister of my heart nya mbak Chitra *ada yang mau minjemin?*

Anyway, Sudha baru saja bercerai dan menjadi single parent dengan satu anak perempuan kecil bernama Dayita. Yang tidak diketahui Anju adalah, Sunil memiliki perasaan khusus terhadap Sudha. Jadi, mereka ini kan kulturnya adalah menikah karena dijodohkan. Nah, Sunil yang datang dari Amerika untuk mencari istri dikenalin ke Anju. Anju langsung jatuh cinta pada Sunil. Setelah diresmikan bahwa mereka adalah tunangan, Sunil bertemu dengan Sudha dan jatuh cinta. Tentu saja itu cinta terlarang. Selain itu, Sudha juga sudah memiliki cinta pertamanya.

pic.credit: https://www.instagram.com/sylnamira/
Singkat cerita, Sudha datang ke Amerika dan tinggal di apartemen kecil itu bersama Anju dan Sunil. Dayita yang menggemaskan tentu saja langsung mencuri hati pasangan yang baru saja kehilangan buah hati mereka itu. Dayita selalu mereka manjakan, membuat Sudha kadang cemburu. Ih, ngerti banget deh perasaan cemburu itu. Dulu juga saya pernah cemburu sama asisten di rumah yang lebih dekat ke anak saya *loh, napa jadi curcol?*

Sunil yang sejak awal tidak setuju Anju mengundang Sudha, telah menolak ide itu mentah-mentah. Bukan hanya karena tempat mereka yang sempit atau pengeluaran yang jadi lebih banyak, Sunil takut perasaannya ke Sudha masih ada. Dan terbukti, saat Sudha datang dan tinggal bersama mereka, perasaan Sunil makin tumbuh subur terhadap Sudha. Sudha yang tahu tentu saja berusaha menjauh dari Sunil, tapi apa daya apartemen kecil itu tidak memungkinkannya bersembunyi. Istilahnya rumah 4L: lo lagi, lo lagi. Hingga suatu hari, ada undangan ke pesta dan Sunil mengajak semua pergi.

Di pesta, Sudha bertemu Lalit. Pria humoris, ganteng, dengan karir bagus sebagai ahli bedah. Beberapa kali setelah pesta Lalit mengajak Sudha berkencan dan tentu saja Sunil cemburu! Sudha meminta tolong kenalannya mencarikan pekerjaan dan saat kesempatan itu datang, bertepatan setelah Sunil menyatakan perasaannya, Sudha memutuskan keluar dari apartemen itu. Meninggalkan Anju dan Sunil untuk menyelesaikan permasalahan mereka sendiri. Dia tidak ingin menjadi penyebab keretakan rumah tangga sepupunya itu.

Tapi tentu saja semua kesalahan jadi jatuh padanya. Sudha yang kerepotan mengurus bapak tua yang menjadi pasiennya, Anju yang tak mau memaafkannya, Sunil yang ingin dijauhinya, juga Lalit yang meminta cintanya, belum lagi Ashok yang datang untuk menjemputnya, membuat Sudha pusing tujuh keliling. Namun Sudha tak menyerah. Dia harus memohon maaf pada Anju, meski sepupunya itu tidak mau menerima teleponnya, tidak membalas suratnya, dan tak sudi bertemu dengannya. Sudha akan terus berusaha. Lalu bagaimana dengan tiga pria yang mengharap cintanya? Aih, aiiihhh.. belum pernah itu kejadian pada saya. Jadi bertanya-tanya: apa rasanya ya jadi perempuan cantik?

pic.credit: https://www.instagram.com/sylnamira/


Beberapa kutipan yang saya suka dari novel ini:

Be careful, a woman's beauty can be her wealth, but also her curse. (hal. 69)

Why is it that so many people find events which are occurring to people they don't know, in cities they'll never set foot in, more compelling than their own problems? (hal. 110)

I love the problems of strangers because I am not responsible for solving them. (hal. 124)

My father had a theory about money: it fell into two categories, he said, boring and exciting. (hal. 182)

Ah, but love, like BaskinRobbins, comes in many flavors. (hal. 183)

Already I'm learning that forgetting is essential to survival. (hal.230)

In destruction lies distraction. (hal. 263)

When you know the names of the green things around you, you're no longer a stranger. (hal. 359)

To her lover, a beautiful woman is a blessing beyond belief, to a monk, she is a distraction, to a mosquito, a good meal. (hal. 365)

This is what you do with grief, you lean into it and open your fingers. (hal. 372)


Beberapa kali disebutkan tentang kecantikan wanita di kutipan-kutipan yang saya tulis di atas, dan memang inti dari cerita ini adalah, wanita cantik belum tentu memiliki kehidupan yang indah. Lihatlah Sudha. Laki-laki pasti akan jatuh cinta begitu melihatnya. Apalagi saat mengenakan sari, saya jadi membayangkan Sudha itu secantik artis Aishwarya Rai.

Tapi apakah lantas dia memiliki kehidupan pernikahan yang langgeng? Apakah dia bisa memenuhi tuntutan mertuanya? Karena begitulah cara mereka dididik sejak kecil: menjadi perempuan yang patuh. Eh trus.. trus... siapa dong yang dipilih Sudha untuk jadi pendampingnya? Sunil yang mulai berhasil menarik perhatiannya? Lalit yang selalu ada untuknya di saat dibutuhkan? Atau Ashok yang selalu setia menunggunya?

Ya kali saya kasih tau! Itu namanya spoiler :D Wah, kalo ada filmnya seru kali ya? Tapi tanpa joged2 bisa gak? :p
Post a Comment