Sunday, December 04, 2016

Dilwale -- Vivie Hardika

Dilwale by Vivie Hardika

My rating: 4 of 5 stars

Berawal dari keingingan untuk menonton film India, tapi kok ya kesalip terus sama drama-drama Korea *curcol* akhirnya tersampaikan juga rasa ini dengan membaca buku yang saya dapat dari Book Blogger Indonesia ini. Dari judulnya saja sudah ketahuan dong kalau ini novel berlatar India.

Sanju adalah gadis India yang cantik. Sesuai adat di India, pernikahan antara pria dan wanita kebanyakan terjadi karena perjodohan. Bagaimana nasib pengantin setelah menikah: bahagia kah, atau menderita kah? Itu urusan belakangan. Yang terpenting adalah wanita di usia menikah sudah memiliki suami, keluarga tidak akan menanggung malu punya anak perawan tua. Mungkin kira-kira seperti itu filosofi dibalik pemaksaan perjodohan dalam pernikahan India. Hehe, analisa asal aja sih.

Anyway, di hari pernikahannya, Sanju memutuskan untuk lari. Karena dia tidak mengenal siapa calonnya. Bahkan namanya pun Sanju tidak tahu. Mana mungkin dia bisa bahagia dengan lelaki yang tak dikenalnya. Meski selama ini ayahnya selalu memilihkan untuknya, mulai dari pakaian, mainan, dan lainnya sejak ibunya meninggal, untuk urusan satu ini Sanju ingin dia memilih jodohnya sendiri. Dengan meninggalkan secarik surat, Sanju pergi meninggalkan pengantin pria yang sama sekali tak dikenalnya itu patah hati.


Lima bulan kemudian, diceritakan bahwa Sanju tinggal di rumah sahabatnya, Shiddu. Suatu hari, datanglah kawan Shiddu bernama Raja yang mengunjunginya dari Delhi. Di sana Raja berkenalan dengan Sanju, yang mengaku bernama Simran pada Raja, hanya karena Raja is Raj. Ketahuilah bahwa Sanju sangat tergila-gila sama film India yang berjudul Dilwale Dulhania Le Jayenge, atau disingkat DDLJ. Bahkan di dalam surat yang ditinggalkannya pada ayahnya saat kabur dari pernikahannya dulu, Sanju mengatakan bahwa dia hanya akan menikah dengan Raj-nya. Segitunya Sanju mengidolakan Raj di film DDLJ (yang tentunya diperankan oleh Shah Rukh Khan) sehingga dia ingin sekali punya pasangan seperti Raj dalam film itu.

Di rumah sahabatnya tersebut, Sanju berkenalan dengan Raja. Dan karena sikap Raja yang cool sedikit cuek, Sanju malah jadi penasaran dan diam-diam suka. Euh, cewek emang repot ya, dikejar-kejar malah lari, dicuekin malah balik ngejar. Macam film kejar daku kau kutangkap saza. :D Pada akhirnya, apakah Sanju jatuh cinta beneran sama Raja? Dan apakah Raja memiliki rasa yang sama dengan Sanju?

Meski dengan embel-embel Raja keturunan campuran India-Indonesia, novel ini memang terasa banget Indianya. Mulai dari nama-nama karakternya, nama tempatnya, bahkan percakapannya juga menggunakan bahasa India. Buat yang suka banget, bisa sekalian nambah kosa kata. Saya meski suka, tapi nggak sampai pingin bisa bahasanya sih, tapi cukup menarik.

Sayangnya, typo bertebaran di mana-mana. Ada dialog yang seharusnya bukan Sanju pengucapnya, tapi ditulis demikian.Dan beberapa typo lainnya. Agak annoying sih, tapi karena ceritanya bikin penasaran, jadinya saya maafkan. Tidak perlu lah mencari siapa yang salah, yang jelas menulis novel dan mengedit novel itu bukan pekerjaan mudah, yes?

Selama membaca novel ini, saya merasa seperti sedang menonton adegan dalam film India. Termasuk saat menggambarkan acara luluran pengantin, saya membayangkan mereka menari-nari dan juga saat upacara mengitari api suci di momen pernikahan. Novel ini istimewa sekali karena belum pernah ada yang mengangkat cerita berlatar India rasa Bollywood seperti ini.

Trus kenapa seolah film ini based on Dilwale Dulhania Le Jayenge, aka DDLJ banget? Bukan cuma Sanju yang menyukai film DDLJ, akan tetapi penulisnya ternyata memang suka banget sama film itu. Mulai dari adegan kabur, di kereta, bahkan saat Kajol lari-lari mengejar kereta yang sudah jalan, dengan tangan Shah Rukh Khan yang terulur menangkapnya pun ada di dalam novel ini. Saya lupa-lupa ingat, pernah nonton gak ya film jadoel ini? Rasanya sih jadi pingin nonton lagi. :D

Secara keseluruhan, saya suka novel ini. Bikin saya bernostalgia dengan film-filmnya Oom SRK yang makin tua makin ganteng itu. **eh, salah fokus** Buat penggemar film India, lagu India, pemain film India terutama Oom SRK, dan segala yang berbau India, wajib nih baca novel ini. Saya aja suka, apalagi kamu. Iya, kamu! ;)

Pic. personal doc.

Post a Comment