Thursday, February 16, 2017

Replica -- Jack Heath

Replica by Jack Heath

My rating: 4 of 5 stars

Melihat covernya sungguh seraaaamm!! Bertanya-tanya dalam hati apakah ini novel horor pembunuhan, atau thriller hantu, rasa penasaran ini sudah tertunda selama setahun. Yap! Setahun sudah saya menunggu untuk bisa baca novel ini, dan akhirnya kesampaian juga. Hehe sabar menanti banget yes?

Kisah diawali dengan Chloe yang terbangun di basemen rumahnya, beberapa bagian ingatannya hilang. Seorang gadis duduk di dekatnya, memandang komputer dan dirinya, lalu Chloe melihat di seberang tempatnya ada tubuh tanpa kepala yang terbujur kaku. Siapa gadis yang ada di dekatnya ini? Mengapa dia memerintah-merintah Chloe seolah dia adalah masternya? Dan saat akhirnya gadis itu menoleh, wajahnya sama persis dengan dirinya! Siapa dia?
“You told me grief came from things left unsaid. But I thanked you for everything you did. I apologized for everything I did. There was nothing left to say, and still it feels like you pulled my heart right out. It’s been two hundred days. I still miss you.”
Keesokan harinya Chloe terbangun masih di tempat yang sama, dengan beberapa bagian ingatannya yang kembali. Gadis yang berwajah sama dengannya itu memberinya sederet perintah. Dan saat Chloe protes, dan menyerang gadis itu dengan kata-kata bahwa dia tidak bisa seenaknya mengambil alih kehidupannya, gadis itu malah mengatakan bahwa Chloe adalah ciptaannya. Nah lho! Kita masuk ke dunia cloning, kah ini?

Ternyata bukan cloning, sodara-sodara, melainkan articial intelligence. Chloe adalah Robot yang memiliki otak hasil unduhan, namun bisa merasakan emosi seperti manusia. Jika Chloe disakiti, meski sudah dikatakan bahwa rasa sakit itu tidak nyata, tetap saja Chloe merasa sakit. Dan mengapa pula dia diciptakan?
"You will take care of mum when I'm gone."
Chloe merasa ada yang mengikutinya, dan untuk itulah dia menciptakan robot penggantinya agar dia bisa berbalik mengintai mereka. Chloe tidak tahu siapa mereka, kenapa mengikutinya, namun saat Chloe sang robot mulai beraksi mengambil alih kehidupan Chloe, dia mulai mempelajari rahasia yang menyelimuti kepergian Chloe. Akan tetapi sebelum Chloe robot mendapatkan jawabannya, Chloe tertembak!
Pic doc pribadi

Ayahnya mulai bersikap mencurigakan, membuat Chloe makin kepo dan ingin mengungkap siapa dalang dibalik pengintaian (yang berlanjut dengan pembunuhan) Chloe, disambung dengan hilangnya ayah. Chloe juga ingin mencari tahu hubungan Chloe asli dengan Becky, gadis yang menatapnya di kelas dengan tajam seolah ingin membunuh dengan matanya. Semua serba membingungkan, dan Chloe harus bertahan.

Genre thriller science fiction sepertinya memang pas disematkan ke novel ini. Sejak awal hingga akhir, novel ini mampu membuat saya terkaget-kaget karena banyaknya kejutan yang disiapkan oleh penulis. Tidak hanya Chloe yang ternyata bukan Chloe, tapi juga siapa itu Becky, dan apa sebenarnya misteri yang melingkupi kehidupan Chloe.

Bagi yang suka science fiction, oke kok ini. Apalagi saat adegan Chloe kabur dari penjahat, itu tuh ngebayanginnya kocak banget! **gak spoiler kok** :D Kalau dibuat film mungkin novel ini bisa seru ditonton pakai efek 3D :)


Post a Comment