Sunday, March 10, 2019

Dilan: Dia Adalah Dilanku Tahun 1990 -- Pidi Baiq

Dilan: Dia Adalah Dilanku Tahun 1990 -- Pidi Baiq

Rating: 4 of 5 stars

Seperti yang sudah saya duga, buku ini habis dalam sekali duduk (eh, ya beberapa kali bangun dan pindah duduk sih, tapi intinya sehari kelar). Baca setelah nonton filmnya itu membuat saya teringat-ingat sama wajah pemain filmnya. Tapi tak apa lah. Filmnya juga tidak mengecewakan. Pemerannya juga mewakili karakter yang digambarkan penulis. Jadi klop lah!

Selama ini saya menghindari banget nonton film adaptasi dari buku sebelum membaca bukunya. Dan ujung2nya malah gak nonton juga, gak baca juga. Sekarang mau ubah strategi. Kalau memang ada filmnya, ya tonton saja. Kalau memang ceritanya menarik hati dan bikin penasaran baru deh baca bukunya. Karena tetap saja isi buku lebih detail dibandingkan filmnya.

Anyway, baca dan nonton Dilan ini bikin saya terbaper-baper. Dan merenungi nasib malang tak memiliki Dilan saat dulu sekolah. Gak perlu deh anak genk motor, gak perlu juga yang setampan Dilan di film, saya mah mintanya yang cukup aja: cukup anak pemilik showroom motor. Gak berlebihan, kan?

Kisah di buku 1 ini simple, ngena banget buat anak tahun 90-an macam saya, di mana dulu juga ngalamin telepon2an pake telepon umum, dan hepi banget klo abis telepon ternyata koinnya keluar lagi! *terpujilah telepon umum yang rusak seperti itu* trus ngalamin juga tiap malem diteleponin cowok *ihiiww* cuma kalo dulu sebelum tutup telepon bilangnya gini:

Kamu duluan yang tutup.
Nggak ah, kamu aja yang tutup duluan.
Kamu aja.
Kamu.
Kamu.
Kamuuuu.
Ya udah bareng ya... 1... 2... 3... halo?
Halo.
Lho, kok belom ditutup?
Kamu juga belom.
Udah kamu aja tutup duluan.


Dan dialog itu akan terulang lagi sampai akhirnya 3 menit abis sendiri, dan telepon mati sendiri dengan sadisnya karena koin sudah habis
😁

Dilan membuatku bernostalgila...
Lanjut ah buku ke duanya :))

No comments: