Thursday, April 07, 2005

Charlotte -- Janet Lunn

Charlotte - Janet Lunn

Deskripsi buku:
Charlotte -- Janet Lunn

Kisah nyata seorang gadis bernama Charlotte Haines, yang diusir dari rumahnya pd th 1783 sewaktu berumur 10th oleh ayahnya. Ayahnya Charlotte pendukung American Revolution, sementara Pamannya mendukung golongan Loyalist.


Review:

Berdasarkan kisah nyata, cerita ini dibuat untuk mengenang Charlotte Haines. Seorang perempuan yang pada jaman revolusi di Amerika mengalami nasib malang karena diusir dari rumahnya oleh ayah tercinta.

Diawali oleh persahabatan antara Charlotte dan saudara-saudara sepupunya, buku ini menceritakan bagaimana revolusi membuat keluarga terpecah belah. Ayah Charlotte melarang Charlotte bermain lagi dengan sepupunya, karena ayah mereka memiliki prinsip yang berbeda. Namun disekolah Charlotte dan sepupunya selalu menyempatkan diri untuk bersama.

Hingga satu kesempatan Charlotte mendengar keluarga sepupunya akan pindah ke New York, Charlotte tak tahan lagi dan pergi ke rumah pamannya tersebut untuk mengucapkan selamat tinggal. Namun ketika Charlotte pulang ayahnya sudah menunggu didepan pagar rumah dan melarangnya masuk. Charlotte diusir karena tidak patuh pada ayahnya yang sudah melarangnya kerumah pamannya itu.

Akhirnya Charlotte kembali kerumah pamannya dan ikut mereka ke New York. Hingga masa tuanya, Charlotte tidak pernah melihat keluarganya lagi. Kisah sedih ini didukung oleh ilustrasi yang terkesan muram namun tidak melupakan detail gambar yang indah.
Post a Comment