Monday, May 09, 2005

Matreshka -- Becky Hickox Ayres

Matreshka -- Becky Hickox Ayres

Deskripsi buku:
Matreshka -- Becky Hickox Ayres

Kisah seorang gadis kecil bernama Kata, yang diselamatkan oleh boneka kayunya ketika ia ditangkap oleh Baba Yaga.


Cerita lengkap:

Cerita rakyat dari Rusia ini menceritakan tentang Kata, gadis kecil yang tinggal dengan kakeknya didalam hutan. Pada suatu hari Kata bertemu dengan seorang wanita tua ditengah jalan yang meminta makanan. Kata memberikannya roti, lalu wanita tua itupun memberikan boneka dari kayu untuknya. Katanya: "Terimalah boneka kayu ini sebagai tanda terima kasihku. Boneka ini aku ukir dan warnai sendiri, namanya Matreshka". Kata menyimpan boneka itu didalam sakunya, lalu ia pun meneruskan perjalanan ke kota untuk menjual sendok dan mangkuk kayu buatan kakeknya.

Namun dalam perjalanan tiba-tiba salju turun dan Kata tidak bisa melanjutkan lagi ke kota. Selama berjam-jam Kata berjalan, tidak dapat menemukan jalan krn salju yang tebal, hingga akhirnya ia melihat sebuah rumah. Rumah yang sangat aneh, karena rumah itu berdiri diatas kaki ayam raksasa. Kata mengetuk pintu dan dibuka oleh seorang wanita tinggi dan kurus. Wanita itu bernama Baba Yaga. Dia mempersilahkan Kata masuk dan memberikan secangkir teh hangat. Lalu Kata dipersilahkan untuk beristirahat di kamar.

Namun ketika esoknya Kata bangun, pintu kamar ternyata terkunci. Kata berteriak minta tolong, Baba Yaga muncul dan menertawainya. Ternyata Kata dikurung didalam kamar itu untuk dijadikan santapan Baba Yaga. Kata berusaha membuka pintu, namun tidak berhasil, lalu ada suara kecil: "Biar aku yang coba". Ternyata suara boneka kayu yang ada disaku Kata. Lalu Kata mengangkat Matreshka ke lubang pintu, dan boneka itu turun untuk membuka kunci. Lalu merekapun lari. Namun banyak pintu yang bentuknya sama. Kata berkata ke Matreshka: "Seandainya kamu lebih kecil pasti bisa menyelinap dibawah pintu dan mencari jalan keluarnya" Lalu Matreshka berputar 3x, boneka itu terbuka, dan keluarlah boneka Matreshka kedua yang lebih kecil, yang lalu menyelinap ditiap pintu untuk mencari jalan keluar.

Kata & Matreshka Lalu mereka berlari kearah pintu gerbang. Namun pintunya terkunci dan kali ini tidak ada kuncinya. Boneka Matreshka kembali berputar 3x dan terbuka, kemudian keluar boneka Matreshka yang lebih kecil lagi. Boneka ketiga ini berhasil membuka kunci dan Kata mengambil ketiga bonekanya dan lari ke hutan. Namun Baba Yaga dekat sekali dibelakang mereka sehingga bisa membaca mantra ntuk menghentikan mereka. Lalu Baba Yaga melingkarkan tali ajaib disekeliling mereka sehingga mereka tidak bisa lari. Lalu Matreshka ketiga berputar 3x dan keluarlah Matreshka keempat yang lalu merangkak kedalam lubang tikus dan berhasil keluar untuk membuka tali ajaib itu. Namun Baba Yaga keburu melihatnya, dan menghentikan Matreshka keempat.

Baba Yaga sangat marah! Dia berkata akan memakan Kata saat itu juga. Ketika Baba Yaga akan mengucap mantra, Matreshka keempat berputar dan keluarlah Matreshka terakhir. Matreshka kelima ini sangat kecil, dia naik keatas baju Baba Yaga dan berbisik ditelinganya, mengacaukan mantra yang sedang diucapkannya. Tiap kali Baba Yaga mengucapkan mantra, Matreshka kelima berbisik, dan sihirnya tidak berfungsi. Sampai akhirnya Baba Yaga murka dan mengucapkan mantra terakhir dengan Matreshka kelima masih ditelinganya berbisik: "Floppity, moppity, grin and grog. Baba Yaga is now a frog!" Dan berubahlah Baba Yaga menjadi seekor kodok!

Akhirnya Kata berhasil pulang kerumahnya, dan selalu bermain dengan kelima boneka kayunya. Meskipun Kata tidak pernah nyasar ke dalam hutan lagi, namun ia selalu membawa boneka Matreshka didalam sakunya kemanapun ia pergi, untuk berjaga-jaga.

Review:

Boneka Matreshka ini sangat terkenal. Boneka yang bisa dibuka, lalu didalamnya ada boneka lagi, dan lagi. Lima boneka didalam 1 boneka. Benar-benar unik. Dengan ilustrasi yang menarik oleh Alexi Natchev, buku ini menceritakan kisah boneka Matreshka dengan indahnya. Dibawah ini rumah Baba Yaga.

Rumah Baba Yaga

Yang menarik untuk disimak, rhymes yang dinyanyikan oleh boneka Matreshka. Lagu ini dinyanyikan oleh boneka Matreshka tiap kali hendak berputar dan keluar boneka yang lebih kecil. Ini rhymesnya dalam bhs.Inggris:

"Matreshka, Matreshka, I'm oh so small,
But not the smallest one of all"


Rhymes ini bisa diajarkan ke anak-anak, dan tiap kali boneka akan berputar, dinyantikan bersama-sama! Pasti jadi tambah rame. Mungkin edisi terjemahan bebasnya gini kali ya:

"Matreshka, Matreshka, aku memang kecil,
Tapi masih ada yang lebih kecil"
Post a Comment