Friday, August 29, 2008

To kill a mockingbird - Harper Lee

To Kill a Mockingbird To Kill a Mockingbird by Harper Lee


My review

rating: 4 of 5 stars

Buku yang bagus, sayang untuk dilewatkan *kenapa dr dulu gak tergerak untuk baca ya?*

Anyway, buku ini bercerita tentang kehidupan disebuah kota kecil, diceritakan dari sudut pandang anak-anak, berfokus pada keseharian Scout, seorang gadis tomboy dan kakaknya Jem. Mereka memiliki seorang ayah yang mendidik mereka sendirian setelah ibu mereka meninggal, dibantu seorang wanita Afro-Amerika bernama Calpurnia.

Atticus, ayah mereka, dan Cal mendidik mereka untuk bisa menjadi anak yang sopan dan baik dengan cara mereka masing-masing yang unik. Cal meskipun hanya seorang asisten, tapi berani tegas melarang dan meluruskan Jem dan Scout jika mereka berbuat salah. Hal yang jarang ditemui dari pembantu jaman sekarang ya?

Alur ceritanya cenderung lambat, tapi buat saya tidak membosankan, karena tiap saat ada kejadian yang mengejutkan, aneh, juga lucu. Banyak hal yang mereka pelajari, termasuk saat mereka harus menyaksikan ketidakadilan dalam penyelesaian kasus Tom Robinson, yang dituduh memperkosa gadis berkulit putih.

Begitulah kehidupan di saat Great Depression melanda. Semua orang masih berprasangka terhadap orang berkulit gelap, orang kulit putih menganggap diri paling hebat, dan seterusnya.

Tapi, kalo dipikir nih, jaman sekarang juga banyak kok yang masih berprasangka jelek terhadap orang lain, ya gak? Gak perlu mengacu ke jaman Hitler, or jamannya Atticus, sekarang juga banyak orang yang mencurigai orang lain yg punya pendapat beda, atau penampilan beda.

Padahal beda itu kan keren! Kalo semua orang sama, kan gak asik banget gitu loh. Be different and proud of it dong.. itu baru cool! ;)

View all my reviews.
Post a Comment