Monday, September 01, 2008

In Search of Mockingbird - Loretta Ellsworth

In Search of Mockingbird In Search of Mockingbird by Loretta Ellsworth


My review

rating: 2 of 5 stars

Buku ini ditulis oleh penulisnya karena terinspirasi oleh TKAM nya Harper Lee. Sama seperti saya yang baca ini juga karena terinspirasi oleh TKAM. Dan kebetulan juga baru kelar baca TKAM, jadi yah rasanya pas aja kalo disambung dengan buku ini.

Buku ini bercerita tentang kehidupan seorang remaja berusia 16 tahun, bernama Erin. Dia hidup dengan ayah dan kedua kakak laki-lakinya. Ditinggal ibunya sejak bayi (sementara ayahnya enggan bercerita tentang ibunya sama sekali) membuat Erin ingin sekali mengenal sang ibu. Satu-satunya peninggalan ibunya yang dia punya adalah sebuah copy buku To Kill A Mockingbird karya Harper Lee. Buku itu menjadi temannya, dan sudah berkali-kali tamat dibacanya, terutama note disekitar halaman buku yg dibuat ibunya (Hmm.. saya aja perlu waktu sebulan untuk ngelarin buku itu).

Malam sebelum ulang tahunnya yang ke 16, ayahnya memberikan diary ibunya yg ditulis sang ibu ketika usia 16 tahun. Di dalam diary tersebut ibunya menuliskan bahwa ia mengirimkan surat ke Miss Harper Lee (sumpe, baru tau kalo Harper Lee itu ternyata wanita).

Mengikuti kata hati, Erin menguras tabungannya dan naik bis menuju Monroeville, Alabama, dengan tujuan ingin bertemu dengan Harper Lee, pengarang favorit alm. Ibunya. Resmilah Erin, di hari ulang tahunnya, kabur dari rumah.

Bukunya lumayan, banyak mengacu pada karakter Scout yang sering memberi inspirasi pada Erin dalam bertindak tanduk. Untunglah saya sudah membaca buku TKAM, kalo belum mungkin akan sedikit sulit memahami buku ini.

Satu percakapan yang berkesan buat saya adalah ketika Erin bertemu dengan seorang wanita diatas bis dan wanita itu berkata bahwa dia senang bisa bertemu dengan seorang penulis yang sangat termotivasi hingga dia rela pergi ke Alabama. Tapi Erin bilang, "I'm not really a writer. I like to write but I haven't been published". Wanita itu berkata, "Don't sell yourself short. Do you think Harper Lee was a writer before she published To Kill a Mockingbird?"

Hmm.. bener juga ya. Jadi termotivasi deh.

View all my reviews.
Post a Comment