Tuesday, April 14, 2009

Positive thinking -- Susan Quilliam

Positive Thinking (DK Essential Managers) Positive Thinking by Susan Quilliam


My review

rating: 4 of 5 stars

Buku psikologi populer, my favorite kind of book.

Selama ini kalo ada yang bermasalah trus curhat atau emosi, kita selalu memberi nasehat: "positif thinking aja deh." Tapi apa sih yang dimaksud positif thinking? Apa bener kita udah mempraktekkan dalam kehidupan sehari-hari kita? Nggak gampang lho berpositif thinking, secara kadang kita juga punya pembelaan: "gue juga kan manusia!"

Buku ini mencoba memberikan solusi dengan memberikan tehnik-tehnik bagaimana menjadi positif, bagaimana membangun optimisme, cara berkomunikasi yang efektif, bagaimana menjalani hidup dengan penuh percaya diri dan sesuai target kita, dan banyak hal lainnya.

Di dalam buku praktis ini diberikan contoh-contoh kasus dan bagaimana sebaiknya kita mengatasi satu masalah. Misalnya, seorang pria memecahkan vas bunga. Jika wanita bersikap menyalahkan dan menuduh pria tersebut ceroboh, maka otomatis pria tersebut akan defensif dan akhirnya hubungan mereka jadi terganggu. Tapi jika si wanita menghadapinya dengan kalem dan menganggap itu bukan masalah besar, si pria akan otomatis meminta maaf dan hubungan mereka akan tetap baik.

Tapi coba bayangin kalo anak kecil belajar nyuci piring, trus pecah, apa kira-kira yang reflek keluar dari mulut ibunya? "Aduuuhhh udah piring keberapa itu yang pecah? Kamu makan pake daon pisang aja besok!"

Trus diajarkan juga tehnik memuji diri sendiri kalo berhasil mengerjakan satu tugas dengan baik, dan kita dianjurkan untuk memberikan reward (misal beli buku, CD, bunga, makan enak, nonton bioskop) untuk diri sendiri. Bener juga ya? Siapa coba yang kepikiran seperti itu? Ada sih, tapi pasti jarang. Apalagi ibu-ibu, kalo mo nraktir beli baju buat diri sendiri pasti larinya ke baju anak-anak.

Lalu dianjurkan juga buat ibu-ibu yang super sibuk untuk menyediakan waktu buat diri sendiri. Buat nonton film kesukaan, baca buku, atau maskeran. Memang awalnya bakal feeling guilty karena merasa telah mengabaikan keluarga, tapi gak pa-pa nanti juga lewat. Dan ibu yang menghargai waktu buat dirinya sendiri akan lebih menghargai dirinya sendiri, percaya deh!

Trus apalagi ya? Buku ini dilengkapi gambar-gambar yang menarik, ada kuis tentang berapa positif sih kamu? Dan bukunya tipis jadi seperti pocket book gitu deh. Bisa dibawa-bawa buat baca di bis, or di angkot, di ojek juga boleh sih kalo mau.

View all my reviews.
Post a Comment