Thursday, September 24, 2009

Anne of Windy Poplars -- L.M. Montgomery

Anne of Windy Poplars (Anne of Green Gables No. 4) Anne of Windy Poplars by L.M. Montgomery

My rating: 4 of 5 stars

Sweet. Gak ada kata lain yang bisa saya ungkapkan untuk buku ini selain kata itu. Kisah ke-4 Anne dari Green Gables ini mengambil lokasi di Summerside, dimana Anne bertugas menjadi kepala sekolah di sebuah sekolah menengah. Sementara Windy Poplars sendiri adalah nama tempat dia kost.

Di Summerside, terdapat keluarga besar yang menganggap diri mereka 'royal family'. Mereka bebas melakukan apa saja, dan semua orang tunduk pada mereka. Mereka bernama keluarga Pringles. Keluarga Pringles ini sangat sulit diambil hatinya. Even Anne yang pandai mengambil hati orang pun kesulitan mendekati mereka. Terlebih lagi salah satu sepupu keluarga Pringles ada yang melamar juga sebagai Kepsek. No wonder deh kalo Anne akhirnya dibenci oleh seluruh keluarga Pringles (baik yang murni berdarah Pringles, maupun yang hanya separo Pringles). Tapi bukan Anne dong kalo gak bisa memenangkan pertarungan :)

Masalah-masalah lainnya terlihat ringan dibanding masalah dengan keluarga Pringles. Antara lain masalah little Elizabeth yang ditinggal ayahnya sejak bayi dan diasuh oleh neneknya yang tidak menyayanginya, kemudian masalah wakepsek yang ngomongnya selalu nyelekit, trus ada juga masalah percintaan orang yang Anne coba bantu tapi ternyata salah kaprah! *kocak banget nih kasus yang satu itu* Belum lagi kesempatan Anne ngejagain dua anak kembar yang buandelnya super krn ibunya yang 'tidak percaya pada kekerasan dalam mendidik anak' padahal sebenarnya ibunya aja yang gak tegas.

But again, ending dari setiap masalah selalu manis, dan mendatangkan kebahagiaan pada semua pihak (termasuk saya yang membaca). Membaca buku serial Anne memang bukan untuk nyari konflik yang berat dan solusi yang hebat, melainkan sepenuhnya untuk hiburan semata, dengan dialog yang lucu, kejadian yang kocak, dan akhir dari permasalahan yang simple.

No.5: Anne's house of dreams. Lanjut...? ;)

View all my reviews >>
Post a Comment