Wednesday, September 16, 2009

The Graveyard Book -- Neil Gaiman

The Graveyard Book The Graveyard Book by Neil Gaiman

My rating: 4 of 5 stars

A really, really great book! Beneran! Mulai dari ide ceritanya yang tob abis (never ever occured to me to write a book like this, darn!) sampe jalan ceritanya yang asik.

Semua dimulai dari malam ketika tragedi itu terjadi. Sebuah keluarga mati terbunuh dan yang selamat hanyalah seorang bayi yang merangkak keluar rumah dan terhindar dari pembantaian keji tersebut. Si bayi kemudian masuk ke dalam pemakaman dan di angkat anak oleh hantu-hantu yang bergentayangan di pemakaman tersebut.

Biasanya kalo baca cerita horror yang mengikutsertakan hantu dan sejenisnya, gw bakal terngeri-ngeri. Tapi baca buku ini, hantu-hantu itu kok ya sepertinya baik-baik semua ya? Seolah mereka itu adalah teman kita. Well, mereka mau menjaga bayi kecil itu, gitu loh!

Anyway, akhirnya si bayi diberi nama Bod, kependekan dari Nobody Owens. Secara yang ngadopsi dia adalah pasangan almarhum Owens. Bod tinggal di pemakaman itu dan diasuh oleh para hantu-hantu yang baik hati, dengan seorang penjaga bernama Silas.

Lalu apakah semua berlangsung baik-baik saja? Not really! Seiring bertambahnya usia Bod, dia juga makin penasaran dengan kehidupan di luar pemakaman. Apalagi ketika Bod bertemu seorang teman, Scarlett, yang tiap hari datang dan bermain dengannya di pemakaman. Namun pada akhirnya kedua orang tua Scarlett mungkin kuatir dengan keadaan Scarlett yang mereka anggap sudah terlalu besar untuk bermain dengan teman imajinasi, dan membawa Scarlett pergi jauh ke Scotland.

Karena keinginannya yang kuat untuk terus belajar, Bod pun meminta agar dirinya diperbolehkan pergi ke sekolah. Disana hampir semua orang tidak mengingatnya, dia dianggap seperti bayangan saja. Namun karena Bod terlibat masalah, semua anak di sekolah jadi memperhatikannya. Dan akhirnya Silas, menariknya lagi dari sekolah.

Kenapa Bod harus selalu low profile? Nggak boleh menarik perhatian orang? Silas menunda-nunda jawabannya, dan hingga akhirnya ketika Jacks of All Trades datang mencarinya, Bod pun mengetahui jawaban dari misteri yang menyelimuti kehidupannya.

Btw, penulis menyebutkan bahwa dia sangat terkesan dengan buku The Jungle Book karya Rudyard Kipling dan buku tersebutlah yang banyak memberinya inspirasi. Well, I should read the book too, then. Siapa tau inspirasi datang padaku :) Btw, The Jungle Book itu yang karakter utamanya si Mowgli itu kan ya?

View all my reviews >>
Post a Comment