Monday, May 20, 2013

The Secret Garden -- Frances Hodgson Burnett (Abridged version by Martha Hailey DuBose)

The Secret Garden by



Akhirnya kelar juga baca buku The Secret Garden. Meskipun harus melahap yang versi abridgenya. Yang paling penting: kelar :D

Ceritanya tentang Mary yang tadinya tinggal di India, trus kedua orang tuanya meninggal karena kena wabah penyakit. Akhirnya Mary dikirim ke Inggris untuk tinggal dengan pamannya. Selama di India, Mary bersikap seperti anak-anak manja lainnya: egois, nggak peduli sama perasaan orang lain, semua kemauan harus dituruti. Ayah ibunya terlalu sibuk untuk memberi perhatian padanya, sehingga nggak heran kalau Mary jadi anak yang seperti itu.

Setelah tinggal di Inggris, pamannya ternyata juga orang sibuk yang selalu berpergian ke luar negeri. Mary nggak masalah karena memang dia biasa nggak dipeduliin juga kan? Well, akhirnya dia main aja gitu sendiri di kebun yang luas. Di malam hari, Mary suka mendengar suara-suara aneh, tapi kata Martha, pelayannya, itu hanya suara angin. Mary nggak percaya dan dia pun nekad mengeksplorasi rumah itu sendirian.

Selain mengeksplorasi rumah, Mary juga mengeksplorasi taman setelah mendengar bahwa ada sebuah taman yang ditutup selama sepuluh tahun karena majikan mereka menutupnya setelah istrinya meninggal. Suatu hari Mary menemukan sebuah kunci yang dia percaya adalah kunci ke taman rahasia itu. Dan seperti magic, angin menghembuskan tanaman ivy yang menutupi pintu ke taman itu dan Mary pun berhasil masuk ke taman itu. Mary ingin taman itu kembali hidup dan berbunga.

Mary meminta teman barunya, Dickon, yang tak lain tak bukan adalah abangnya Martha, untuk membantunya di taman tersebut. Mereka dengan rajin membersihkan dan menanam bibit bunga kembali. Mereka bekerja dengan rahasia.

Namun bukan hanya rahasia itu yang mereka jaga. Mary pun menemukan rahasia lain tentang suara di malam hari. Suara apa itu? Apa yang sebenarnya tersembunyi di rumah besar berkamar seratus itu? Apakah Mary bisa memecahkan misterinya?

Baca makanyaaa.. Biar nggak penasaran :D

Nice simple story.

Post a Comment