Monday, December 09, 2013

Lakon Librarian: SLiMS COMMEET 2013

Slims cendana
Hari Sabtu dan Minggu tanggal 7-8 Desember 2013 kemarin, saya berkesempatan untuk mengikuti SLiMS Commeet 2013.

Kedengerannya keren ya?

Yup!

Kegiatan ini adalah yang kedua kalinya setelah sebelumnya diadakan di Yogyakarta. Waktu itu pingin ikutan, tapi karena diadakan pada hari kerja dan saya nggak bisa cuti, jadi skip deh. Nah, yang kemarin ini diadakan di Bogor.

Pesertanya tidak tanggung-tanggung, dari Aceh, Ambon, Lampung, Padang, hadir di sana. Saya pun tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk berkenalan dengan bapak dosen dari Univ. Syiah Kuala, bapak Taufiq. Siapa tau ada lowongan di sana. Hehehe..! Usaha namanya juga. Etapi ternyata beliau bilang kemarin baru ada yang test. Waduh! Telat kita kenalannya ya Pak. Saya lebih bagus lho dibanding orang itu *Pede-lalu-dikeplak*

Hari pertama diisi oleh keynote speakers yang sharing tentang SLiMS dikombinasi dengan keahlian mereka. Pak Rusmanto membahas tentang Open Source, kemudian bapak Onno bicara soal Linux yang jujur saya nggak ngerti sama sekali (hehe maklum, saya bukan orang IT), Dan ada pula dari Thailand yang namanya ribet dan sulit sehingga saya tidak tahu nama mereka. Wow! Jauh-jauh dari Thailand, mereka berbagi tentang SLiMS yang mereka modif dan digunakan secara luas di cabang-cabang perpusnasnya mereka. Keren!

Lalu di hari kedua, sesi pertama adalah tutorial. Tutorial dibagi tiga: pemula, lanjutan, dan mahir. Saya tentu saja ikut yang lanjutan. Karena kalau ikut yang mahir dijamin saya bengong :D

Di tutorial ini diajarkan cara backup data, upgrade versi SLiMS 7 Cendana, dan masukin data ke versi yang baru. Eh-ndi-lalah… data saya rusak! Nggak bisa diajak kompromi. Akhirnya terpaksa menyandera satu orang instruktur untuk membetulkan database saya, karena kalau nggak bener, saya ngancem nggak mau pulang. Dia pun mengutak-atik database saya. Memang karena dia baik hati, bukan karena dia takut saya beneran nggak mau pulang. Kalo itu sih pasti dia EGP :p

Di sesi kedua di hari kedua, komunitas SLiMS dari berbagai daerah yang saya sebutkan di atas tadi, berbagi kegiatan dan program kerja mereka. WOW! Kereeennn! Mereka tuh canggih-canggih banget siihhhh. Jadi minder karena buat ganti logo aja masih browsing dulu di inet.

Eit, tapi ntar dulu! Kalo ngomong soal gatek, saya nggak termasuk gatek lho! Karena yang hadir banyak orang-orang IT, bukan pustakawan. Coba bayangin, yang diomongin adalah bahasa PHP, HTML, apa lagi itu tuh, LINUX. Wuidiihhh, serem! Saya sok merhatiin aja, tapi sebenernya kalo ada yang lihat mata saya: ngeblank! Hihihi. Tapi tenaannggg, sedikit-sedikit kan saya juga ngerti ngulik HTML. Gini-gini kan saya emak-emak yang suka ngeblog. Kalo mo ubah template, ganti tampilan, nambah banner, dll. Dikit-dikit mah bisa gituuu.. Gak norak-norak amat :p

slimsNah, di akhir acara, laptop saya kembali dengan database library saya yang udah berubah menggunakan SLiMS 7 Cendana. Waaahhh.. KEREN! Dan nama my life saver hari itu adalah Mas Wardi Yono. Dalam kesempatan ini saya ingin mengucapkan terima kasih pada Mas Wardi Yono. Semoga beliau baca blog saya ini, dan tahu bahwa saya sangat-sangat berterima kasih. Thank you Mas! GBU.
Trus di akhir acara nih, pembagian door prize. Yeah well, saya tahu sih untuk urusan gini saya emang nggak hoki. Tapi masih juga kecewa karena ngincer rak bukunya dan nggak dapet. Secara pas banget beberapa hari sebelumnya abis lihat rak buku itu di internet, nyari yang jual di mana. Eeehh di sini dibagiin jadi door prize! Mupeng dong? Ternyata nggak dapet juga, dan ternyata lagi, yang dapet orang Surabaya yang malah ngasih ke pemenang lain. Ugghhh, napa gak ngasih saya!! *nangis Bombay*

Anyway, selain nggak dapet rak buku, kaos juga nggak dapet *kaosnya keren* hari itu ditutup dengan antri di stasiun Bogor yang panjaaannngggg dan lamaaaaa.. karena orang-orang abis plesiran ke Bogor di hari Minggu.

Dan di Hari Senin, saya langsung menggunakan SLiMS 7 Cendana dong. Utak-atik wallpapernya, diganti jadi foto-foto library, ganti logo (horeee bisa!) juga masukin foto librarian biar pemakai tahu siapa penguasa library ini *narsis abiez*
slim1

Pokoknya di antara Senin-Senin yang lain, hanya Senin ini yang saya tunggu-tunggu, karena mo pakai SLiMS 7 Cendana di library!

No comments: