Thursday, February 05, 2015

Love You Forever -- Robert Munsch

Love You Forever
by Robert Munsch

 My rating: 2 of 5 stars

Sudah baca versi English, dan barusan baca versi Bahasa Indonesia. Sebenarnya buku ini bagus. Bagus banget malah, sampai-sampai dianggap klasik dan sepanjang masa. Namun ada hal yang terasa aneh aja gitu.

Jadi tersebutlah seorang ibu yang sangat menyayangi anak laki-lakinya. Sejak bayi, anaknya ini ditimang-timang setiap malam dan dinyanyikan lagu sayang. Saat anak beranjak remaja, dan mulai bertingkah menyebalkan, sang ibu kadang merasa ingin menjual anaknya saking menyebalkannya tu anak. Tapi malam-malam setelah anak itu tidur, dia akan masuk ke kamar anaknya, menimangnya sambil menyanyikan lagu sayang.

Dan anak itu pun beranjak dewasa. Di sinilah keanehan mulai terasa. Seorang ibu, bagaimana pun sayang sama anaknya, saya rasa nggak ada sih yang masuk ke dalam kamar anaknya yang sudah dewasa, untuk menimang dan menyanyikan lagu sayang. Apalagi saat anak itu sudah tinggal di luar kota, malam-malam ibunya mendatangi rumahnya, masuk ke kamarnya, dan... oh no! menimang anaknya yang sudah dewasa itu!

Ini bener-bener cerita yang aneh. Sepertinya kurang cocok untuk anak-anak. Tapi cerita ini dianggap cerita klasik. Memang sih, saya mengerti maksudnya, bahwa kasih ibu sepanjang masa. Tak akan lekang oleh waktu, dan lain sebagainya. Tapi menimang anak yang sudah dewasa itu benar-benar nggak masuk akal saya! Belum lagi di akhir cerita, ibunya yang sudah tua ditimang-timang pula sama anaknya.
Memang benar kita harus membalas budi pada orang tua. Walaupun tidak ada yang akan bisa menggantikan kebaikan yang diberikan ibu kepada kita, namun menimang ibu yang sudah tua itu rasanya kurang lazim. Tapi mungkin karena ini buku cerita anak, mereka nggak akan berpikir sejauh ini. :D

So, mengingat daya berpikir anak-anak yang belum kritis, dan terlepas dari keanehan-keanehan yang saya sebutkan tadi, untuk mengingatkan kasih sayang ibu pada anak sih, buku ini bagus banget. So, it was OK for me :)

**

Review di Goodreads bisa di klik di sini.
Post a Comment