Monday, April 06, 2015

Sam Di Gi, Bocah yang Tak Bisa Membaca -- Won Yousoon

Sam Di Gi, Bocah yang Tak Bisa MembacaSam Di Gi, Bocah yang Tak Bisa Membaca by Won Yousoon

My rating: 4 of 5 stars


Sam Di Gi tidak bisa membaca. Sejak kecil dia ditinggal ayahnya yang meninggal dunia karena penyakit yang mematikan. Ibunya kabur meninggalkan Sam Di Gi yang lalu dirawat oleh neneknya. Nenek Sam Di Gi sangat menyayanginya, namun tidak mampu menyekolahkannya di TK. Nenek juga tidak bisa membaca.

Saat Sam Di Gi masuk SD, semua teman-temannya tahu kalau dia tuna aksara dan memanggilnya Sam Di Gi si Buta Huruf. Hal itu membuatnya kesal dan akhirnya Sam Di Gi marah dan mengganggu teman-temannya. Sam Di Gi pun dijauhi oleh teman sekelasnya, dan tidak ada yang mau duduk sebangku dengannya.

Suatu hari, datanglah seorang anak baru bernama Yeon Bo Ra. Anak perempuan ini sangat suka membaca, dan merasa heran saat tahu Sam Di Gi tidak bisa membaca. Namun tidak seperti teman-teman lain yang mengejek Sam Di Gi, Bo Ra membawakan buku cerita untuk dibacakan kepada Sam Di Gi. Setiap hari mereka membaca buku bersama. Bo Ra membaca, Sam Di Gi mengikutinya. Sepulang sekolah, Sam Di Gi akan membacakan buku yang dipinjamkan Bo Ra kepada neneknya.

Nenek sangat senang Sam Di Gi dapat membacakan cerita untuknya. Meski pun pada awalnya Sam Di Gi hanya menebak gambar jika dia lupa pada cerita yang dibacakan Bo Ra. Lama kelamaan, Sam Di Gi mulai mengenal huruf.

Saat pembagian hasil ujian dikte di pelajaran menulis, Sam Di Gi merasakan dadanya berdebar. Tapi ketua kelas Hyun Jin berkata bahwa dilihat atau tidak, nilai Sam Di Gi pasti nol. Hal tersebut membuat Sam Di Gi lesu dan tidak lagi bersemangat menerima hasil testnya. Bo Ra menghampirinya dan melihat hasil test dikte Sam Di Gi. Dan apakah yang dilihatnya? Penasaran, kan?

Sam Di Gi ini adalah kisah kesayangan anak Korea yang telah dicetak sebanyak 100 kali dan disukai ribuan pembaca. Dengan bahasa yang sederhana dan ilustrasi yang menarik, membuat novel dalam serial KNovel ini sangat disukai sepanjang masa.




View all my reviews
Post a Comment