Wednesday, May 13, 2015

To all the boys I've loved before -- Jenny Han

To All the Boys I've Loved BeforeTo All the Boys I've Loved Before by Jenny Han

My rating: 3 of 5 stars


Ini adalah kisah cinta yang tak sampai. Bukan karena salah satu dipanggil Yang Kuasa, melainkan karena memang kasih tak sampai sebab Lara Jean memutuskan untuk menyudahi rasa sukanya pada cowok-cowok itu. Gadis Korea-Amerika ini tinggal di Amerika bersama ayahnya setelah ibunya yang berkebangsaan Korea meninggal dunia, bersama kedua saudarinya. Kakaknya Margot, dan adiknya Katherine (atau biasa dipanggil Kitty).

Mereka bertetangga dengan Josh, pacar Margot, yang dulunya adalah salah satu dari lima cowok yang disukanya. LIMA! Hehehe, namanya crush mah bebas aja jumlahnya yaa. Untuk menghilangkan rasa sukanya yang tak mungkin nyata itu, Lara Jean menuliskan surat untuk mereka, menuangkan segenap perasaannya, pendapatnya tentang cowok-cowok itu, memasukkan ke dalam amplop, menuliskan alamat mereka dan... menyimpannya di dalam kotak topi hadiah dari mendiang ibunya.

Suatu hari, surat-surat itu terkirim! Dan satu persatu cowok itu mendatanginya untuk meminta penjelasan mengenai surat tersebut. Salah satunya Josh yang mulai galau karena Margot memutuskan hubungan mereka karena harus kuliah di luar negeri, merasa bahwa seharusnya Lara Jean mengatakan padanya sejak dahulu.

Lalu Peter, teman masa kecilnya yang sangat tampan, dan baru saja putus dari pacarnya, Gen. Peter yang merasa tidak bisa melepaskan diri dari pengaruh Gen, memintanya pacaran bohongan untuk membuktikan bahwa dirinya tidak dirantai Gen.

Ada pula surat yang kembali ke alamatnya karena penerimanya sudah pindh alamat, kemudian satu lagi teman satu sekolahnya sejak SMP, yang ternyata gay dan menolak Lara Jean secara halus (yang tentu saja Lara Jean terima dengan lapang dada, secara rasa sukanya pada cowok-cowok itu memang sudah hilang saat dia nulis surat-surat itu) dan terakhir adalah cowok teman SMPnya yang pindah ke SMA lain.

Lara Jean sangat penasaran dengan kabar cowok itu, bertanya dalam hati apakah dia menerima suratnya, dan ingin sekali mengetahui keadaannya sekarang. Saat ada acara Model UN, di mana siswa SMA berperan sebagai delegasi dari negara-negara dan membawa issue kenegaraan seperti di UN, Lara Jean memutuskan untuk datang dan mencari cowok yang dia cari tersebut. Bertemukah mereka? Lalu, bagaimana kisah 'cinta'nya dengan Peter yang palsu itu? Bagaimana endingnya?

Lalu Josh? Bagaimana dengan Josh yang adalah tetangga, sahabat, dan pacar kakaknya itu? Well, ok, mantan pacar kakaknya, tapi mereka seperti ditakdirkan untuk bersama lagi di kemudian hari. Apakah Lara Jean akan bisa mengatasi keruwetan yang ditimbulkan surat yang tidak pernah dimaksudkan untuk dikirimnya itu?

Ceritanya ringan, namun permasalahan di dalamnya cukup padat dan rumit. Perkembangan masalah, penguraiannya satu per satu, dan penyelesaiannya sangat enak untuk diikuti. Nice reading! Recommended for teenagers, young adults, and also for adult who enjoys YA novels. Like me :)



View all my reviews
Post a Comment