Sunday, November 22, 2015

19 Jurus Mabuk Penulis Sukstres -- Mayoko Aiko, etc.

19 Jurus Mabuk Penulis Sukstres19 Jurus Mabuk Penulis Sukstres by Mayoko Aiko

My rating: 4 of 5 stars

Pingin jadi penulis?
Masih mimpi doang?
Kapan majunya?
Sudah punya teori tapi belum praktek?
Atau belum punya teori tapi nekat praktek?

Buat kamu yang (masih) bermimpi menjadi penulis, atau kamu yang sudah jadi penulis tapi ingin mencoba menulis genre baru, buku ini pas buat kamu.

Kenapa?

Karena isinya bukan curhatan para penulis saja. Sebaliknya, buku ini berisi tips-tips menulis dari para penulis berpengalaman. Yap, buku penuh gizi ini cucok buat kamu yang ingin (atau sudah dan ingin mengembangkan) karir sebagai penulis.

Ada 19 penulis dan 19 jurus menulis yang dibagikan. Beberapanya saya sudah coba menulis, seperti menulis novel romance, teenlit, horor, novel, flash fiction, puisi (biar cuma haiku-haiku-an), nge-blog, nonfiksi, menulis biar tembus media, lomba menulis. BEUH! 10 dari 19 sudah saya praktekkan! Dan hasilnya? STD, pemirsah!

Setelah baca buku ini (ah, seneng banget tau dapet buntelan ini dari BBI) makin kaya lah teori saya tentang penulisan novel. Meski pun saya sudah menulis 10 jenis dari 19 yang disebutkan di buku ini, ternyata hasilnya belum ada yang memuaskan karena saya asal tulis aja. Tulis-tulis-tulis tanpa mengerti sebenarnya bagaimana sih menulis yang sesuai genre?

Untuk horor aja saya baru tahu kalau ada dua jenis: horor mistis & horor komedi. Selama ini saya selalu berpikir horor ya horor! Pantes aja tulisan saya gak ada feedback, kayaknya ditolak mentah-mentah. Hahaha. Setelah baca jurus dari penulis horor di sini, saya jadi malu berani-beraninya nyoba ngirim tulisan horor ke penulis senior yang sudah melanglang buana, yang sedang mencari naskah horor. Ya tentu saja tulisan saya mah lewaatt!!!

pic.credit:
https://www.instagram.com/sylnamira/
Tips-tips yang diberikan bener-bener tips praktis dan yang sudah terbukti berhasil dari para kontributor buku ini. Bahkan di bagian akhir diajarkan juga jurus nembus media, dan jurus menang lomba menulis (kalau yang ini saya lagi keranjingan nih! Untung punya handbooknya sekarang. Cihuy!)

Trus ada juga jurus memilih judul tulisan. BEUH ini mah penting banget buat saya yang sangat tidak kreatif dalam memilih judul tulisan ini. Untungnya pas milih nama anak bisa dapat yang nggak bikin anaknya malu (udah ditanya kok, anaknya bilang suka sama nama pilihan saya. Eh kok curcol?) Kadang saya ngasih judul dari nama pemeran utama aja. Udah! Gak kreatip banget kaaaannn? *tutup muka malu* Tapi sekarang udah pinter dong! Kan udah diajarin nih di buku ini.

Asyiknya, buku ini nggak harus dibaca dari awal hingga akhir gitu. Tapi bisa diloncatin ke bab yang diperlukan. Misal, kamu mau nulis fans fiction, langsung aja ke bab Jurus Menulis Fans Fiction Yang Sexy. Di sana diberikan tips-tips yang bisa kamu praktekkin untuk menulis fans fiction yang sekarang banyak tersebar di dunia maya.

Dan di bab kedua sebelum akhir, diajarkan jurus menghadang seribu alasan gagal menulis. NAH...! Ini saya perlu banget, soalnya masa saya nulis bergantung mood sih? Kumaha atuh mau jadi penulis best-seller kalo cuma ngandelin mood? Kan semua orang kudu punya target, kudu punya jadwal, dan lain sebagainya. Sementara saya, menjadikan bayi sebagai alasan nggak menulis di rumah, menjadikan pekerjaan sebagai alasan nggak menulis di kantor (eh, ini mah bener yak? Kan digaji buat kerja?) dan menjadikan Me-Time yang seharusnya buat nulis, malah ke salon dengan alasan kudu perawatan biar tetap disayang suami *halah!* Jadi kapan dong nulisnya?

Ya deh, saya janji (tapi gak terlalu janji ya) abis ini mau rajin nulis (minimal) di blog. Masa nulis status di sosmed rajin, tapi nulis di blog angot-angotan? Ck,ck,ck penulis karbitan dasar!

Nih quote bagus dari Oom Toni Morrison buat kita semua:

"Jika ada buku yang ingin sekali kau baca tapi belum ada yang menulis, maka kamu harus menulisnya."

NOH! Sekali lagi, nulis-nulis-nulis... Dan yang terpenting untuk bisa nulis bagus adalah baca-baca-baca :D Ayo semangat!

View all my reviews

2 comments:

Eva Sri Rahayu said...

Makasih ya review-nya :)

Sylvia L'Namira said...

Sama-sama :) Makasih juga tips-tipsnya.

Sukses terus ya :D