Sunday, November 01, 2015

Ace: The Very Important Pig -- Dick King-Smith

Ace: The Very Important PigAce: The Very Important Pig by Dick King-Smith

My rating: 3 of 5 stars

Ace, seekor babi yang mengerti bahasa manusia. Awalnya Ace mengira semua hewan mengerti ucapan Farmer Tubbs, namun ternyata hanya dia yang mengerti apa yang diucapkan manusia pemilik peternakan itu. Maka Ace mulai berkomunikasi dengan Farmer Tubbs. Jika dia mengorok sekali, itu artinya 'tidak'. Jika dia mengorok dua kali, itu artinya 'iya". Ace pun melatih Farmer Tubbs untuk mengerti apa yang dia inginkan. Termasuk melengkingkan suaranya yang ebrarti dia mau makan. Yup, bukan Farmer yang melatih babi, tapi sebaliknya.

Ace pun berhasil keluar dari takdirnya untuk menjadi sosis di pasar, setelah menjadi tempat curhat si Farmer Tubbs. Sementara ibunya yang merasa Ace aneh, tidak memedulikannya lagi. Maka Ace pun dipindah kandangnya.

Kisah Ace pun makin seru saat dia ingin menonton tv, sementara menurut kambing yang tidur sekandang dengannya, Ace tidak mungkin diperbolehkan masuk ke dalam rumah. Kucing, anjing, adalah hewan penghuni rumah, namun tidak dengan babi.

Namun bukan Ace namanya, kalau tidak mencoba. Dia pun berteman dengan Clarence, si kucing, dan mendapat simpati dari hewan itu. Lalu Ace mengorek info tentang Megan, si anjing sombong yang mengaku keturunan anjing bangsawan bermerk Corgi, agar bisa mendekatinya juga.

Dengan lihay, Ace mengikuti petunjuk yang diberikan Clarence, dan Megan dengan senang hati menerima Ace yang dianggapnya sebagai salah satu penggemar beratnya.

Suatu hari, dia berhasil masuk ke rumah, nonton TV, dan setelah itu kegiatan menonton TV menjadi kegiatan rutin baginya. Ace juga belajar mengendalikan remote TV, dan menahan agar tidak mengeluarkan kotoran di dalam rumah.

Kepintaran Ace akhirnya tercium media, dan sejak insiden mabuk bir di pasar, Ace makin terkenal bahkan beberapa media memintanya untuk diwawancara di televisi!

Takdir babi untuk menjadi sosis, atau sarden (eh ada gak sarden babi?) atau menjadi kornet pun berubah menjadi Ace sang babi fenomenal yang mampu berkomunikasi dengan manusia.

Sekilas ceritanya hampir-hampir serupa sama Babe si babi juga. Tapi yang ini lebih ringan, ceritanya tentang kehidupan di peternakan, dan tidak ada konflik yang berat. Untuk bacaan santai, bolehlah..

Ada quote yang saya suka di sini. Nasehat Nanny si kambing pada Ace, saat babi itu merasakan sakit kepala yang hebat setelah minum seember bir.

"A little of what you like does you good. But you can have too much of a good thing."

Arti bebasnya: Apapun kalau kebanyakan itu nggak baik buat kesehatan :)

View all my reviews
Post a Comment